anjelina, alqaut (2024) Model Realistis Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Spasial Siswa SD Islam Sultan Agung 4 Semarang. skripsi thesis, Stai Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
1-HALAMAN AWAL.pdf Download (2MB) |
|
Text
2-BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
3-BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
4-BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
5-BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
6-BAB V.pdf Download (601kB) |
|
Text
7-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (976kB) |
|
Text
8-CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) | Request a copy |
|
Text
9-LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan pembelajaran terkait kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pembelajaran yang mereka hadapi, terutama ketika diberikan soal-soal sulit mereka merasa kurang mampu menyelesaikan soal tersebut, terlebih lagi ketika diberika soal cerita yang memerlukan analisis logis terlebih dahulu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Model Realistic Mathematic Education (RME) dalam peningkatan kecerdasan logis matematis dan kecerdasan spasial siswa di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang, serta pengaruh model Realistic Mathematics Education (RME) dalam meningkatkan kecerdasan logis matematis dan kecerdasan spasial siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Mixed Method, desain sekuensial eksploratori dengan menggabungkan antara metode kualitatif dan metode kuantitatif. Teknik olah data penelitian ini menggunakan SPSS Versi 25 (2024). Hasil penelitian kualitatif ditemukan masing-masing guru kelas IV telah menerapkan model RME sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran seperti menganalisis masalah, menyelesaikan masalah, membandingkan dan mendiskusikan jawaban serta menarik kesimpulan, ketika pembelajaran matematika sedang berlangsung di kelas. Hasil analisis data kuantitatif ditemukan terjadi peningkatan kecerdasan logis matematis dan kecerdasan spasial siswa setelah penerapan model RME. Hal ini ditunjukkan melalui hasil rerata pre-test kelas IV A sebesar 79.86 dan rerata pre-test kelas IV B sebesar 85.43 Setelah diterapkan model RME terjadi peningkatan yaitu rerata post-test kelas IV A sebesar 87.89 dan rerata post-test kelas IV B sebesar 85.43. Hal ini dapat dinyatakan bahwa prolehan nilai rerata post-test pada penerapan model RME lebih besar dibandingkan nilai pre-test model konvensional. Hal ini ditunjukan dari hasil uji paired sample t test pada output pair 1 diketahui perolehan nilai Sig. (2-tailed) 0,001 atau 0,001 < 0,05, mengartikan bahwa rumusan Ho ditolak serta Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa model RME berpengaruh positif terhadap peningkatan kecerdasan logis matematis dan kecerdasan spasial siswa.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Anjelina alqaut syari'ah |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 04:24 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 04:24 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1106 |
Actions (login required)
View Item |