Evita, Bellia (2024) Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kompetensi Guru Di MI Islamiyah Banin Senori Tuban. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
1-HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
2-BAB I.pdf Download (506kB) |
|
Text
3-BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) | Request a copy |
|
Text
4-BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) | Request a copy |
|
Text
5-BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (729kB) | Request a copy |
|
Text
6-BAB V.pdf Download (350kB) |
|
Text
7-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (576kB) |
|
Text
8-CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) | Request a copy |
|
Text
9-LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisor di MI Islamiyah Banin Tuban dalam mengembangkan kompetensi guru, serta mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam mengembangkan kompetensi guru di MI Islamiyah Banin Senori Tuban. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain dekriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas 3 dan 4 MI Islamiyah Banin Senori Tuban. Objek data dalam penelitian ini adalah peran kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi guru di MI Islamiyah Banin Tuban. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah berperan sesuai dengan tugasnya sebagai supervisor, terbukti kepala sekolah mampu mensupervisi tenaga kependidikannya, serta disiplin dan mampu membuat sekolah lebih baik dari tahun ajaran sebelumnya, kepala sekolah juga mampu meningkatkan produktivitas kinerja para guru dan staf lainnya. Adapun faktor pendukung kompetensi guru yaitu dengan memberikan motivasi, mengikutsertakan guru dalam pelatihan, dan mampu menggunakan sarana prasarana dengan baik. Faktor penghambat kompetensi guru yaitu dengan kurangnya ilmu pengetahuan, kurangnya sarana dan prasarana, serta kurangnya bimbingan dari pendidik. Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Madrasah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Bellia Evita |
Date Deposited: | 16 Jun 2024 04:36 |
Last Modified: | 16 Jun 2024 04:36 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1101 |
Actions (login required)
View Item |