Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kompetensi Guru Di MI Islamiyah Banin Senori Tuban

Evita, Bellia (2024) Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kompetensi Guru Di MI Islamiyah Banin Senori Tuban. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
1-HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2-BAB I.pdf

Download (506kB)
[img] Text
3-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text
4-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text
5-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text
6-BAB V.pdf

Download (350kB)
[img] Text
7-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (576kB)
[img] Text
8-CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text
9-LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisor di MI Islamiyah Banin Tuban dalam mengembangkan kompetensi guru, serta mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam mengembangkan kompetensi guru di MI Islamiyah Banin Senori Tuban. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain dekriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas 3 dan 4 MI Islamiyah Banin Senori Tuban. Objek data dalam penelitian ini adalah peran kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi guru di MI Islamiyah Banin Tuban. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah berperan sesuai dengan tugasnya sebagai supervisor, terbukti kepala sekolah mampu mensupervisi tenaga kependidikannya, serta disiplin dan mampu membuat sekolah lebih baik dari tahun ajaran sebelumnya, kepala sekolah juga mampu meningkatkan produktivitas kinerja para guru dan staf lainnya. Adapun faktor pendukung kompetensi guru yaitu dengan memberikan motivasi, mengikutsertakan guru dalam pelatihan, dan mampu menggunakan sarana prasarana dengan baik. Faktor penghambat kompetensi guru yaitu dengan kurangnya ilmu pengetahuan, kurangnya sarana dan prasarana, serta kurangnya bimbingan dari pendidik. Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Madrasah
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Bellia Evita
Date Deposited: 16 Jun 2024 04:36
Last Modified: 16 Jun 2024 04:36
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1101

Actions (login required)

View Item View Item