Nurohmah, Intan (2024) Analisis Pembelajaran Tematik Di Masa New Normal Dalam Membentuk Karakter Mandiri Dan Peduli Lingkungan Siswa Kelas V SD Islam Terpadu Avicenna Lasem. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
1-HALAMAN AWAL.pdf Download (2MB) |
|
Text
2-BAB I.pdf Download (751kB) |
|
Text
3-BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
4-BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (730kB) | Request a copy |
|
Text
5-BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
6-BAB V.pdf Download (585kB) |
|
Text
7-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (812kB) |
|
Text
8-CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) | Request a copy |
|
Text
9-LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Mendapat materi pembelajaran di sekolah penting bagi peserta didik, apalagi pembelajaran tematik yang memiliki banyak tema dengan beberapa mata pelajaran dijadikan satu di setiap tema, selain keberhasilan penyampaian materi juga bagaimana keberhasilan karakter mandiri dan peduli lingkungan dibentuk oleh guru pada waktu proses pembelajaran tematik. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik di masa new normal di kelas V SDIT Avicenna, serta bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik dalam membentuk karakter mandiri dan peduli lingkungan yang terjadi di kelas V SDIT Avicenna Lasem. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas, peserta didik kelas V dan kepala sekolah SDIT Avicenna Lasem. Sedangkan objek yang dipakai pada penelitian ini berupa pelaksanaan pembelajaran tematik di masa new normal serta pembentukan karakter mandiri dan peduli lingkungan. Adapun data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kemudian data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, lalu penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik di masa new normal tetap aktif dan sudah kembali normal, selain itu pelaksanaan pembelajaran tematik bagus dengan bentuk pengelolaan kelas dan penggunaan metode serta ice breaking yang bervariasi, serta keberhasilan dalam tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Adapun pembentukan karakter mandiri dan peduli lingkungan pada dasarnya sudah terbentuk di waktu kelas-kelas sebelumnya lalu guru tinggal menguatkan dan melanjutkan. Sehingga pembentukan nilai karakter disesuaikan dengan topik pembahasan materi setiap tema. Kalimat yang ditekankan bahwa pembelajaran tidak akan dimulai sebelum kelas harus dalam keadaan bersih dan rapi. Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, New Normal, Karakter Mandiri, Karakter Peduli Lingkungan
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Filsafat > Etika Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kebijakan Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Negeri |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Intan Nurohmah |
Date Deposited: | 16 Jun 2024 04:35 |
Last Modified: | 16 Jun 2024 04:35 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1100 |
Actions (login required)
View Item |