Riyadlil Jannah, Vina (2024) STRATEGI KOLABORATIF PADA PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN KOMUNIKASI PERSEPSI BUNYI DAN IRAMA UNTUK SISWA TUNARUNGU DALAM MEMBENTUK KARAKTER KERJA SAMA SISWA SLB NEGERI SEMARANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (231kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (127kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
Abstract
SLB Negeri Semarang telah menerapkan strategi pembelajaran berbasis kolaborasi guna meningkatan kompetensi gurunya. Kolaborasi ini terjadi antara guru kelas dan guru pendamping khusus untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sama di kelas yang sama. Oleh karena itu banyak kemampuan yang perlu diketahui dari kedua guru tersebut dalam melaksanakan strategi kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kolaboratif pada pembelajaran PKPBI untuk siswa tunarungu dalam membentuk karakter kerja sama siswa kelas B.2 SLB Negeri Semarang dan mengetahui hambatan- hambatan yang terjadi pada pelaksanaan pembelajarannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Sumber data primer pada penelitian berasal dari guru kelas dan guru pendamping khusus, sedangkan sumber data sekunder berasal dari kepala sekolah. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti memilih uji keabsahan data triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun teknik analisis yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kolaboratif antara guru kelas dan guru pendamping khusus pada pembelajaran PKPBI dalam membentuk karakter kerja sama siswa berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini dikarenakan kedua guru telah menunjukkan kolaborasi yang baik dengan cara adanya saling keterbukaan pendapat, saling berbagi tujuan, partisipasi, informasi dan keahlian serta adanya kolaborasi secara spontan. Strategi kolaboratif menemukan hambatan yang berasal dari guru dan siswa. Hambatan tersebut di antaranya yaitu ketika salah satu guru tidak dapat hadir pada pembelajaran, komunikasi bahasa antar guru serta belum meratanya siswa yang dapat menunjukkan karakter kerja sama.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Vina Riyadlil Jannah |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 07:19 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 07:19 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1036 |
Actions (login required)
View Item |