Syafiqotul, Naily (2024) MANAJEMEN KELAS PADA PEMBELAJARAN IPAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SD ISLAM AN-NAWAWIYAH REMBANG. skripsi thesis, STAI AL-Anwar Sarang Rembang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (189kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran IPAS sangat erat hubungannya dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu tujuan pembelajaran IPAS yaitu untuk mengembangkan minat, rasa ingin tahu dan keterampilan peserta didik. Minat belajar siswa termasuk salah satu faktor internal yang memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa, kurangnya minat belajar menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Upaya peningkatan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran IPAS bisa dilakukan melalui pengelolaan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan kelas pada pelaksanaan pembelajaran IPAS dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di SD Islam AnNawawiyah Rembang. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis studi kasus. Subjek utama pada penelitian adalah guru kelas. Subjek pendukung adalah kepala sekolah dan siswa, serta objeknya adalah manajemen kelas pada pembelajaran IPAS dalam meningkatkan minat belajar siswa di SD Islam An-Nawawiyah Rembang. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPAS dapat meningkatkan minat belajar peserta didik yaitu guru mengelola kelas pembelajaran yang beragam dan pemaparan materi dikaitkan dengan kehidupan sehari sehingga peserta didik mudah memahami pembelajaran. Proses pemaparan materi dilakukan dengan media pengalaman langsung dan menggunakan metode yang beragam seperti tanya jawab, diskusi dan metode ceramah. Hak ini menjadikan peserta didik antusias dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran tanpa ada rasa tuntutan.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Naily Syafiqotul Maulani |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 07:18 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 07:18 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1035 |
Actions (login required)
View Item |