Bariroh, Ummi (2019) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PERGURUAN TINGGI (Studi Deskriptif Di STAI Al-Anwar Sarang). skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
BAB AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (555kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (950kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (537kB) |
Abstract
Indonesia sebagai Negara dengan keberagaman tinggi tidak memungkiri juga dalam dunia pendidikan. Hakikat pendidikan sendiri adalah membantu manusia memanusiakan manusia untuk bisa hidup berdampingan dengan saling menghargai tanpa ada diskriminasi. Pun juga dalam rangka ikut menjaga perdamaian dunia maka lembaga pendidikan memberikan kontribusinya dengan ikut menanamkan nilai-nilai keberagaman di lembaga pendidikan. Perguruan tinggi sebagai salah satu lembaga pendidikan yang juga mempunyai beragam mahasiswa baik dari budaya, bahasa dan suku yang berbeda menjadi penting untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan multikultural kepada mahasiswanya. Salah satu perguruan tinggi yang memberikan penanaman nilainilai multikultural adalah STAI Al-Anwar Sarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural di perguruan tinggi, dalam hal ini diambil Studi Deskriptif di STAI Al-Anwar Sarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan cara kreadibilitas, kebergantungan, dan kepastian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) prinsip penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural di STAI Al-Anwar Sarang di dasarkan pada prinsip keterbukaan, prinsip toleransi dan prinsip kesetaraan. 2) nilai-nilai pendidikan multikultural yang akan ditanamkan adalah nilai keadilan, nilai kesetaraan, dan nilai toleransi. 3) implementasi dari penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural terpolakan menjadi dua dari kegiatan kampus dan kegiatan di pesantren.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penanaman Nilai, Pendidikan Multikultural |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Multikultural |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 01:15 |
Last Modified: | 05 Aug 2023 12:20 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/100 |
Actions (login required)
View Item |