Alfainy, Nafi' Lailiya (2023) IMPLEMENTASI BIMBINGAN KECAKAPAN UBUDIYAH DAN AKHLAKUL KARIMAH (BKUA) DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MIN 1 TUBAN. skripsi thesis, STAI Al Anwar Sarang Rembang.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (550kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (479kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
Abstract
Pendidikan karakter menjadi hal yang mutlak yang harus diwujudkan dengan tujuan membentuk insan yang berakhlak mulia. Maraknya kenakalan seperti terkikisnya karakter religius di Masyarakat, banyaknya anak yang suka tawuran, pemakaian narkoba, hingga pembuliyyan yang sering terjadi di madrasah�madrasah. Kurangnya pendidikan karakter di Masyarakat memberikan dampak negatif bagi perkembangan karakter khususnya karakter religius. Minimnya nilai dalam pendidikan karakter saat ini dikarenakan oleh peserta didik yang mulai meremahkan nilai karakter, seperti ketidakdisiplinan individu, sopan santun, serta nilai religius yang dikutip dalam Jurnal yang berjudul Problematika pendidikan karakter bangsa Indonesia dalam perspektif filsafat ilmu. MIN 1 Tuban menjadi salah satu madrasah yang mengimplementasikan program BKUA guna meminimalisir terjadinya kelemahan baca tulis Qur`an,kelemahan ubudiyah dan akhlakul karimah bagi peserta didik.Tujuan dari penelitian guna menggali secara mendalam implementasi BKUA dalam membentuk karakter religius peserta didik di MIN 1 Tuban. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi lapangan menggunakan kualitatif deskripstif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teknik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program BKUA di MIN 1 Tuban berjalan efisien dan terstruktur. Kegiatan praktik keagamaan melibatkan sholat duha dan membaca al-Qur'an, menghafalkan surah-surah pendek, sedangkan kegiatan pengembangan karakter dilakukan di lingkungan madrasah dapat saling berjabat tangan dengan guru maupun sesama teman, selain itu, mereka mulai menginternalisasi nilai-nilai seperti kesabaran, rasa Syukur, qonaah, dan tawakal.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Madrasah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Nafi' Lailiya Alfainy |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 05:28 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 05:28 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/830 |
Actions (login required)
View Item |