Nisa, Choirun (2023) PROBLEMATIKA DAN TANTANGAN GURU PRAKTIKAN MADRASAH IBTIDAIAH PADA PELAKSANAAN PRAKTIKUM MENGAJAR DI ERA NEW NORMAL. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (337kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (800kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (441kB) |
|
Text
CURRICULUM VITAE.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Praktik mengajar merupakan salah satu inti mahasiswa yang mengemban di prodi kependidikan. Mahasiswa kependidikan tersebut kelak yang akan menjadi calon guru di masa yang akan datang. Selama pelaksanaan praktik mengajar mahasiswa akan mendapatkan pengalaman mengajar secara langsung. Adanya kegiatan PPL tersebut mampu menyiapkan mahasiswa menjadi seorang guru yang profesional. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan maupun tantangan yang dihadapi guru praktikan selama praktik mengajar. Pada penelitian ini ditemukan bahwa terdapat beberapa masalah dan tantangan yang dialami guru praktikan selama praktik mengajar serta solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan ada 42 mahasiswa. Sedangkan subjek dari penelitian ini ada 6 orang guru pamong dari sekolah yang berbeda-beda dan 6 mahasiswa. Data penelitian diperoleh melalui hasil angket dan wawancara. Angket yang terkumpul akan dihitung melalui SPSS statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama pelaksanaan praktik mengajar guru praktikan mengalami problematika dan tantangan. Problematika tersebut diantaranya problematika guru praktikan dalam menentukan metode pembelajaran (63%), kesulitan dalam mengondisikan kelas dengan jumlah siswa yang melebihi sandar (61,9%), problematika melerai siswa ketika terjadi kegaduhan (60,7%), dan problematika mengenai mahasiswa yang belum mahir dalam menciptakan media (53%). Adapun tantangan guru praktikan yaitu role model untuk menjadi pribadi yang baik, jujur, berakhlak, dan dapat diteladani oleh peserta didik (89,9%). Kata Kunci: Praktik Mengajar, Guru Praktikan, Problematika dan Tantangan.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Madrasah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Choirun Nisa |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 00:39 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 00:39 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/817 |
Actions (login required)
View Item |