ANALISIS KOMPETENSI DASAR UBUDIAH (KDU) SEBAGAI PENGEMBANGAN KURIKULUM PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FIKIH KELAS IV MI DARUL FALAH SIRAHAN, KECAMATAN CLUWAK, KABUPATEN PATI

Nabila, Amelia (2023) ANALISIS KOMPETENSI DASAR UBUDIAH (KDU) SEBAGAI PENGEMBANGAN KURIKULUM PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FIKIH KELAS IV MI DARUL FALAH SIRAHAN, KECAMATAN CLUWAK, KABUPATEN PATI. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)

Abstract

Salah satu capaian yang diharapkan oleh pendidikan nasioanal sesuai UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu agar berkembangnya potensi peserta didik menjadi manusia yang beriman, dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Upaya yang dapat dilakukan guna mencapai tujuan tersebut di antaranya dengan mengembangkan kurikulum keagamaan terutama di bidang Fikih, dengan demikian menjadi keharusan bagi sekolah untuk berinovasi membantu peserta didik mencapai kompetensi�kompetensi di bidang Fikih baik ubudiah maupun muamalah. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menggambarkan proses perumusan KDU sebagai pengembangan kurikulum dalam mata pelajaran Fikih di MI Darul Falah, 2) mengetahui kesesuaian kompetensi yang terdapat pada KDU dengan materi pada bahan ajar pembelajaran Fikih kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Objek penelitiannya adalah isi buku KDU yang berupa kompetensi dan petunjuk uji KDU dengan KD dan materi pada bahan ajar Fikih kelas IV. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses perumusan KDU dilakukan oleh tim pengembangan kurikulum berdasarkan amanat dari yayasan. Tim pengembangan merumuskan kompetensi-kompetensi didasarkan pada 1) visi misi sekolah, 2) perkembangan kemampuan spiritual siswa, dan 3) kurikulum keagamaan yang terdapat pada sekolah tingkat dasar. Kompetensi-kompetensi yang diujikan disusun oleh tim pengembangan secara urut mulai kelas I semester I, hingga kelas VI semester II, urut dari kompetensi-kompetensi sederhana hingga kompleks. Adapun kurikulum keagamaan yang masuk dalam buku uji KDU ini meliputi Fikih, Akidah Akhlaq dan Al-Quran Hadis. Selanjutnya, hasil analisis kesesuaian kompetensi yang terdapat pada KDU dengan bahan ajar Fikih yang digunakan di kelas IV menunjukkan adanya kesesuaian antara kompetensi dan materi pada buku KDU dengan dua bahan ajar, berupa Buku PAI dan Budi Pekerti kelas IV dan kitab al-Durūsu al-Fiqhiyyah. Kompetensi yang terdapat pada KDU kelas IV semester I, nomor 1 dan 2, tentang wudu, juga menunjukkan kesesuaian dengan KD 3.14 dan 4.14 mata pelajaran Fikih kelas IV.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perumusan Kompetensi, Fikih Ubudiah, Pengembangan Kurikulum
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 20 Sep 2023 00:48
Last Modified: 20 Sep 2023 00:48
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/468

Actions (login required)

View Item View Item