ANALISIS GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 MIN 1 TUBAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Wafi, Mohammad (2024) ANALISIS GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 MIN 1 TUBAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Gaya mengajar guru dimaksudkan sebagai perlakuan yang diterapkan untuk merespon kebutuhan belajar peserta didik dalam kegiatan proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya mengajar guru MIN 1 Tuban, hasil belajar siswa kelas 1 MIN Tuban dan gaya mengajar mempengaruhi dengan hasil belajar siswa kelas 1 MIN 1 Tuban pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Subjek utama pada penelitian ini yaitu guru kelas 1 MIN 1 Tuban. Objek penelitian ini adalah gaya mengajar guru dan hasil belajar siswa. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan menggunakan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa guru kelas I B menggunakan gaya mengajar personalisasi, sedangkan guru kelas I C di MIN 1 Tuban memiliki gaya mengajar interaksional. Gaya mengajar personalisasi guru harus memiliki kemampuan mengasuh dan guru berperan menjadi psikolog. Hasil belajar siswa kelas I B dan C MIN 1 Tuban rata-rata sudah diatas KKM. Gaya mengajar interaksional dominan komunikasi antara guru dan siswa. Guru melontarkan pertanyaan siswa yang menjawab, begitu juga sebaliknya. Gaya mengajar mempengaruhi hasil belajar siswa. Terdapat perubahan pada siswa setelah pelaksanaan gaya mengajar guru seperti siswa lebih aktif dan siswa lebih fokus terhadap pembelajaran.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Madrasah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Mohammad Wafi
Date Deposited: 11 Jun 2024 04:51
Last Modified: 11 Jun 2024 04:51
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/1049

Actions (login required)

View Item View Item