Adib, Wilda Nailil (2020) KONSEP PENDIDIKAN DALAM TAFSIR AL-MISHBAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER SISWA DI ERA INDUSTRI 4.0. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
Cover.pdf Download (571kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (263kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (792kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (191kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
Abstract
Adhib, Wilda Nailil. 2020. Konsep Pendidikan dalam Tafsir Al-Mishbah dan Implikasinya terhadap Perkembangan Karakter Siswa di Era Industri 4.0. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Herman Khunaivi, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran yang jelas tentang konsep pendidikan yang mencakup materi pendidikan, metode pendidikan dan subjek pendidikan (guru) dalam tafsir al-Mishbah serta untuk mengetahui implikasinya terhadap perkembangan karakter siswa di era industri 4.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menekankan penelitian pada kepustakaan (library research) pada sebuah tafsir yaitu tafsir al-Mishbah. Sebagai penguatan dari penelitian, penulis mengagendakan observasi dan wawancara di lapangan yaitu di SD Terpadu Ma’arid Gunungpring (Magelang) dan SDI Insan Kamil Tuban. Terkait analisis data, penulis menggunakan metode deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pemeparan konsep pendidikan dalam tafsir al-Mishbah dan konsep pendidikan yang ada di lapangan memiliki keterkaitan dengan perkembangan karakter siswa (religius, disiplin dan perduli lingkungan. Jadi dapat disimpulkan bahwa penelitian yang penulis kaji di tafsir al-Mishbah dengan apa yang dilihat penulis di lapangan memiliki banyak kesamaan, hanya beberapa saja yang tidak sama. Konsep Pendidikan dalam tafsir al-Mishbah memiliki implikasi terhadap perekembangan karakter siswa (religius, disiplin dan perduli lingkungan), dimana apabila konsep pendidikan tersebut diterapkan dengan baik maka hal itu akan membantu mengembangkan karakter siswa di masa kini. Era industri 4.0 merupakan tantangan yang harus dihadapi lembaga pendidikan. Kata Kunci: Konsep Pendidikan, Tafsir Al-Mishbah, Perkembangan Karakter Siswa, Era Industri 4.0.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Tafsir Tarbawi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Nurul Huda 11 |
Date Deposited: | 27 Mar 2024 04:13 |
Last Modified: | 27 Mar 2024 04:13 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/969 |
Actions (login required)
View Item |