POLA KOMUNIKASI GURU PADA SISWA TUNARUNGU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PRAKTIK WUDU KELAS V SLB NEGERI SEMARANG

wahidah, zahrotus (2023) POLA KOMUNIKASI GURU PADA SISWA TUNARUNGU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PRAKTIK WUDU KELAS V SLB NEGERI SEMARANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Wahidah, Zahrotus Suroiya. 2023. Pola Komunikasi Guru pada Siswa Tunarungu dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Praktik Wudu Kelas V SLB Negeri Semarang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Muhammad Jamil, L.c, M.Pd.I. Pola komunikasi guru pada siswa dalam kegiatan belajar berlangsung, sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran yang baik dan efektif. Pola komunikasi tidak akan berjalan dengan lancar dan efektif ketika ada suatu gangguan komunikasi, baik dari komunikator maupun komunikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi guru pada siswa tunarungu dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam praktik wudu kelas V SLB Negeri Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek data dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam serta siswa tunarungu kelas V SDLB Negeri Semarang. objek dalam penelitian ini adalah pola komunikasi guru dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam praktik wudu. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi kegiatan belajar mengajar sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak berkebutuhan khusus, oleh karena itu dibutuhkan pola komunikasi guru pada siswa. Di SLB Negeri Semarang kelas V tunarungu pembelajaran pendidikan agama Islam terdapat pola komunikasi guru pada siswa tunarungu yang menggunakan Pola guru-siswa, pola guru-siswa-siswa-guru dan pola melingkar yang di kolaborasikan dalam pembelajaran praktik wudu. Kata Kunci: Pola Komunikasi guru, Tunarungu, Praktik Wudu

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Negeri
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: zahrotus suroiya wahidah
Date Deposited: 23 Nov 2023 05:49
Last Modified: 23 Nov 2023 05:49
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/867

Actions (login required)

View Item View Item