ANALISIS KESIAPAN GURU PADA PEMBELAJARAN IPAS DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI SD ISLAM AN-NAWAWIYYAH REMBANG

Anis, Dzakiyah (2023) ANALISIS KESIAPAN GURU PADA PEMBELAJARAN IPAS DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI SD ISLAM AN-NAWAWIYYAH REMBANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dzakiyah, Anis. 2023. Analisis Kesiapan Guru Pada Pembelajaran IPAS dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SD Islam An-Nawawiyyah Rembang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Syarifatul Fitri Hidayah, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena di SD Islam An-Nawawiyyah yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka, sehingga peneliti ingin meneliti terkait dengan kesiapan SD Islam An-Nawawiyyah dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana kesiapan SD Islam An-Nawawiyyah dalam menerapkan Kurikulum Merdeka khususnya pada pembelajaran IPAS, di mana pembelajaran IPAS merupakan mata pelajaran baru dalam Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah kesiapan guru pada pembelajaran IPAS dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV di SD Islam An-Nawawiyyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Guru telah siap dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, khususnya pada pembelajaran IPAS. Perencanaan sebelum melakukan pembelajaran IPAS memiliki kekurangan di mana guru belum menyiapkan modul ajar. Sedangkan untuk kegiatan pelaksanaan dan evaluasi dalam pembelajaran IPAS terlaksana dengan baik sesuai dengan konsep pembelajaran IPAS dan Implementasi Kurikulum Merdeka. Adapun dalam hal kesiapan menerapkan Kurikulum Merdeka, guru dinyatakan telah siap melaksanakan empat hal sesuai dengan kajian teori: 1) Para guru di SD Islam An-Nawawiyyah telah melaksanakan pelatihan untuk lebih memahami lagi Kurikulum Merdeka, 2) Guru memiliki kompetensi untuk mengajar sebagai guru profesional, 3) SD Islam An-Nawawiyyah memiliki sarana dan prasarana yang memadai sehingga guru dapat menggunakannya dalam mencapai keberhasilan pelaksanaan pembelajaran, 4) Guru menguasai penggunaan Platform Merdeka Mengajar. Dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan referensi bagi instansi yang memiliki sarana, prasarana dan SDM yang siap untuk menerapkan Kurikulum Merdeka. Kata kunci: Kesiapan Guru, Pembelajaran IPAS, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Anis Dzakiyah
Date Deposited: 12 Nov 2023 04:25
Last Modified: 12 Nov 2023 04:25
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/718

Actions (login required)

View Item View Item