Analisis metode ḥiwār pada pembelajaran bahasa Arab terhadap hafalan mufradāt siswa kelas V di SD Islam An-Nawawiyyah Rembang.

hidayah, lailatul (2023) Analisis metode ḥiwār pada pembelajaran bahasa Arab terhadap hafalan mufradāt siswa kelas V di SD Islam An-Nawawiyyah Rembang. skripsi thesis, STAI AL-ANWAR SARANG REMBANG.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (679kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (499kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Hidayah, Lailatul. 2023. Analisis metode ḥiwār pada pembelajaran bahasa Arab terhadap hafalan mufradāt siswa kelas V di SD Islam An-Nawawiyyah Rembang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang Rembang. Pembimbing Nely Rahmawati Zaimah. M.Pd.I Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang terjadi kepada siswa yang merasa ketakutan mempelajari bahasa Arab, seperti: siswa kurang tertanam sikap percaya diri, sehingga malu ketika menjawab pertanyaan, rendahnya hafalan mufradāt siswa, siswa masih belum bisa mengucapkan lafal mufradāt dengan benar, dan kurangnya semangat untuk menghafal mufradāt. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapkan metode ḥiwār dalam penguasaan hafalan mufradāt siswa kelas Ⅴ SD Islam An-Nawawiyyah Rembang pada pembelajaran bahasa Arab dan penguasaan hafalan mufradāt siswa pada pembelajaran bahasa Arab di kelas Ⅴ SD Islam An-Nawawiyyah Rembang melalui metode ḥiwār. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru bahasa Arab kelas V A dan B SD Islam An-Nawawiyyah Rembang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode ḥiwār pada pembelajaran bahasa Arab terhadap hafalan mufradāt siswa kelas V di SD Islam An-Nawawiyyah Rembang. Pada penerapan metode ḥiwār dalam penguasaan hafalan mufradāt pada pembelajaran bahasa Arab ini dilakukan melalui tiga tahapan yaitu, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup, dan evaluasi serta penilaian. Sedangkan pada penguasaan hafalan mufradāt siswa pada pembelajaran bahasa Arab melalui metode ḥiwār dilakukan melalui enam tahap yaitu, guru membacakan mufradāt, siswa menirukan bacaan mufradāt, guru mengartikan mufradāt, guru menuliskan mufradāt tambahan, guru meminta siswa menghafalkan mufradāt, guru meminta siswa menyetorkan hafalannya. Jadi metode ḥiwār pada pembelajaran bahasa Arab terhadap hafalan mufradāt siswa dapat berjalan dan hafalan siswa menambah dengan baik, meskipun masih ada sedikit kendala dalam guru tidak merancang RPP. Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Metode Ḥiwār, Hafalan Mufradāt, Kelas V

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: lailatul hidayah
Date Deposited: 12 Nov 2023 04:08
Last Modified: 12 Nov 2023 04:08
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/697

Actions (login required)

View Item View Item