Ulil Albab, Ahmad (2019) MAKNA AWLIYĀ` DALAM AL-QUR`AN: KAJIAN AL-WUJŪH WA AL-NAẒĀIR. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
1-HALAMAN AWAL.pdf Download (2MB) |
|
Text
2-BAB 1.pdf Download (566kB) |
|
Text
3-BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (599kB) |
|
Text
4-BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) |
|
Text
5-BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (721kB) |
|
Text
6-BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
|
Text
7-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (398kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang makna kata awliyā` didalam al-Qur‟an yang di fokuskan pada pendapat salah satu Ulama dibidang al-Wujūh wa al-Naẓāir. Metode yang digunakan adalah penelitian analisis data kualitatif (library research) yang terdiri dari 3 macam metode pengumpulan; Pertama, reduksi data. Penulis menghimpun ayat-ayat awliyā` kemudian meilah sesuai dengan kebutuhan. Dalam hal ini memilah ayat sesuai pendapat Yaḥyā bin Sallām bin Abī Tha‟labah al-Taymī dalam kitab al-Taṣārīf li Tafsīr al-Qur`ān kemudian membuat abstraksi dengan hanya mengambil pendapatnya dan penafsiran yang hanya terdapat kata awliyā` saja. Kedua, menganalisis dari penafsiran untuk mengetahui unsur-unsur pembentukan makna makna awliyā`. Ketiga, menarik kesimpulan dari temuan yang dijumpai, dalam hal ini adalah macam makna awliyā`, yaitu awliyā` adalah kekasih Allah (Awliyā` Allāh), awliyā` adalah berhala, dan awliyā` adalah kaum pendurhaka dan orang-orang munafik (Awliyā` al-Shayṭān).
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Awliyā`, al-Wujūh wa al-Naẓāir, pembentukan makna |
Subjects: | Al-Qur’an dan Tafsir > Semantik Al-Qur’an dan Tafsir > Ulumul Qur`an Al-Qur’an dan Tafsir > Ushul Tafsir |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al Quran dan Tafsir (IAT) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 15:19 |
Last Modified: | 05 Aug 2023 12:17 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/67 |
Actions (login required)
View Item |