GURU PENYANDANG TUNANETRA SEBAGAI ROLE MODEL DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA SISWA TUNANETRA KELAS IV SLB NEGERI SEMARANG

Habibah, Dinda Ainun Nur (2023) GURU PENYANDANG TUNANETRA SEBAGAI ROLE MODEL DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA SISWA TUNANETRA KELAS IV SLB NEGERI SEMARANG. skripsi thesis, STAI Al-Anwar Sarang Rembang.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (484kB)
[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Habibah, Dinda Ainun Nur. 2023. Guru Penyandang Tunanetra Sebagai Role Model Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Siswa Tunanetra Kelas IV SLB Negeri Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah STAI Al-Anwar Sarang Rembang. Pembimbing : Syarifatul Fitri Hidayah, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pengamatan tentang seorang penyandang tunanetra yang berprofesi sebagai guru serta mampu melaksanakan pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya, kendala serta upaya solutif guru penyandang tunanetra sebagai role model di SLB Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu, guru penyandang tunanetra. Objek dalam penelitian ini meliputi penyandang tunanetra, role model dan pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SLB Negeri Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru penyandang tunanetra sebagai role model yaitu, 1) guru mampu memiliki pengetahuan yang luas tentang pelaksanaan Kurikulum Merdeka yang diimplementasikan dalam pembelajaran, 2) guru memiliki sifat kepemimpinan, 3) guru mampu menguasai emosi yang stabil, 4) guru berperan dalam pembentukan watak siswa tunanetra, 5) guru andil dalam pembentukan karakter, 6) serta guru mampu mengembangkan sikap sosial. Dari upaya tersebut, cara guru untuk membentuk semua itu melalui pemahaman, pembiasaan serta contoh yang baik. Sedangkan kendala yang dialami oleh guru penyandang tunanetra yaitu, 1) beragamnya kebutuhan peserta didik yang bisa menulis ada yang belum bisa sama sekali, 2) keterbatasan ruangan, 3) keterbatasan sumber daya guru. Upaya solutif dari kendala tersebut yaitu, 1) memberikan jam tambahan seperti les di waktu pulang sekolah dengan tujuan agar peserta didik memiliki tingkat pemahaman yang sama terhadap capaian pembelajaran tentang membaca dan menulis, 2) mengajak siswa belajar di luar ruangan agar lebih fokus, 3) mengajukan dari atasan terutama kepada kepala sekolah supaya ditambahkan lagi guru dan ruangannya. Kata Kunci : Guru Penyandang Tunanetra, Siswa Tunanetra, Role Model, Pelaksanaan Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Belajar
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Merdeka Mengajar
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Dinda Ainun Nur Habibah
Date Deposited: 08 Nov 2023 05:45
Last Modified: 08 Nov 2023 05:45
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/580

Actions (login required)

View Item View Item