PERAN GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BTQ MELALUI METODE YANBU’A DALAM MEMBENTUK KARAKTER KERJA KERAS DAN MANDIRI SISWA KELAS 3 SD ISLAM TERPADU AVICENNA LASEM

Ulya, Himmatul (2022) PERAN GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BTQ MELALUI METODE YANBU’A DALAM MEMBENTUK KARAKTER KERJA KERAS DAN MANDIRI SISWA KELAS 3 SD ISLAM TERPADU AVICENNA LASEM. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agam Islam Al-Anwar.

[img] Text
SAMPUL DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran BTQ dimana metode Yanbu’a ini merupakan metode yang sangat baik dalam belajar membaca Al-Qur’an. Metode Yanbu’a dianggap metode yang mempunyai sistem percepatan yang baik untuk penguasaan Al- Qur’an karena metode Yanbu’a ini mengedepankan pada pelafalan makhraj yang baik. Melalui pembelajaran BTQ guru dapat membentuk dan menumbuhkan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru dalam pembelajaran BTQ melalui metode Yanbu’a dalam membentuk karakter kerja keras dan mandiri di SDIT Avicenna Lasem. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek data dalam penelitian ini adalah guru BTQ dan siswa kelas III. Objek data dalam penelitian ini adalah peran guru, pembelajaran BTQ melalui metode Yanbu’a dalam membentuk karakter kerja keras dan mandiri di SDIT Avicenna Lasem. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran guru pada pelaksanaan pembelajaran BTQ dalam membentuk karakter kerja keras dan mandiri di SD Islam Terpadu Avicenna Lasem dengan metode Yanbu’a dikatakan efektif. Pelaksanaan pembelajaran BTQ melalui metode Yanbu’a guru selalu memfasilitasi siswanya dalam pembelajaran, selalu melakukan interaksi kepada siswa agar aktif untuk mengikuti pembelajaran BTQ. Penerapan pembelajaran BTQ melalu metode Yanbu’a dapat melibatkan keaktifan siswa membaca, menulis dan menghafal Al-Qur’an dengan baik dan benar

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran guru, Pembelajaran BTQ, Metode Yanbu’a, Karakter kerja keras dan mandiri.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 01 Oct 2023 06:38
Last Modified: 01 Oct 2023 06:38
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/566

Actions (login required)

View Item View Item