INTERNALISASI NILAI-NILAI BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS V MI SALAFIYAH MANDIREJO MERAKURAK TUBAN

Dhuha, Isna Fithrotudh (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS V MI SALAFIYAH MANDIREJO MERAKURAK TUBAN. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agam Islam Al-Anwar.

[img] Text
SAMPUL DLL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (783kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (596kB)

Abstract

Gerakan literasi sekolah semakin gencar diselenggarakan, demikian juga di MI Salafiyah Mandirejo Tuban yang menerapkan literasi membaca sebagai salah satu cara penanaman nilai-nilai budaya sekolah. Selain itu, melihat dari banyaknya soal literasi pada lembar ujian dari luar sekolah, juga ada salah satu siswa kelas Ⅴ yang masih belum lancar membaca, guru membuat program literasi membaca “Selasa Menyemai Aksara” untuk membiasakan kegiatan membaca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan internalisasi nilai-nilai budaya sekolah dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas Ⅴ MI Salafiyah Mandirejo Merakurak Tuban. Jenis penelitian yang digunakan berupa kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek utama dalam penelitian ini yaitu siswa kelas Ⅴ dan objeknya adalah pelaksanaan budaya sekolah terhadap pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai budaya sekolah dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas Ⅴ MI Salafiyah Mandirejo Tuban dalam proses pelaksanaannya belum berjalan sesuai dengan tujuan. Yaitu kurang disiplinnya siswa ketika mengumpulkan lembar baca serta ada beberapa siswa yang belum menunjukkan perilaku tanggung jawab karena menghilangkan lembar baca dan tidak mengumpulkannya. Oleh karena itu, perlu adanya upaya-upaya yang harus dilakukan oleh guru dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa, yaitu dengan cara: (1) Mengingatkan siswa melalui grup whatsApp wali murid ketika pelaksanaan budaya literasi membaca dilakukan di rumah, (2) Mengingatkan siswa secara langsung ketika pelaksanaan literasi membaca dilakukan di sekolah, (3) Guru memberikan hukuman dengan tidak memberikan nilai tambahan bagi siswa yang tidak melaksanakan budaya literasi membaca.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: budaya sekolah, internalisasi nilai, karakter disiplin, karakter tanggung jawab, literasi membaca.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 01 Oct 2023 06:37
Last Modified: 01 Oct 2023 06:37
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/560

Actions (login required)

View Item View Item