ANALISIS BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN SISWA KELAS IV DI SDIT AVICENNA

Nisa`, Khoirul Anisatun (2022) ANALISIS BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN SISWA KELAS IV DI SDIT AVICENNA. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agam Islam Al-Anwar.

[img] Text
SAMPUL DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (496kB)

Abstract

Tujuan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berkarakter, tetapi masih ditemukan permasalahanpermasalahan terkait karakter disiplin dan religius. Seperti ketidaktepatan waktu dalam mengumpulkan tugas dan adanya keluhan orangtua terkait semangat ibadah peserta didik yang menurun. Oleh karena itu SDIT Avicenna menerapkan budaya sekolah berupa welcoming siswa, sholat dhuha berjamaah, sholat zuhur berjamaah, pembacaan asmaul husna, pembacaan nadhom aqidatul awam, dan makan bersama untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya sekolah di SDIT Avicenna yang dapat membentuk karakter religius dan disiplin, terlebih khusus siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang mengharuskan penelitinya untuk mendeskripsikan suatu objek, fenomena, atau setting sosial yang akan ditulis dalam tulisan naratif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu melalui reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa budaya sekolah yang dilakukan di SDIT Avicenna merupakan budaya yang sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah. Beberapa budaya yang diterapkan yaitu welcoming siswa, kegiatan sholat dhuha berjamaah, pembacaan asmaul husna, dan pembacaan nadhom aqidatul awam. Penanaman budaya sekolah dilakukan dengan pembiasaan dan keteladanan. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan budaya sekolah tersebut dapat membentuk karakter religius dan disiplin siswa kelas IV di SDIT Avicenna Lasem.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Budaya Sekolah, Karakter Disiplin, Karakter Religius, dan Welcoming Siswa.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 01 Oct 2023 06:37
Last Modified: 01 Oct 2023 06:37
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/559

Actions (login required)

View Item View Item