Restuningrum, Laila Silfiana (2022) ANALISIS PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA KELAS V MI AN-NASHRIYAH LASEM. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agam Islam Al-Anwar.
Text
SAMPUL DLL.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (701kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (730kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (769kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (688kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena kegiatan belajar mengajar di sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013 dengan desain siswa menjadi pusat dalam pembelajaran, realitanya masih ditemukan siswa yang pasif di dalam kelas. Partisipasi siswa dalam pembelajaran sangat dibutuhkan dan diharapkan dapat membentuk karakter percaya diri pada siswa agar proses pembelajaran berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk partisipasi siswa pada pembelajaran tematik dalam membentuk karakter percaya diri pada siswa kelas V MI An-Nashriyah Lasem. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif, serta menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Subjek utama dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A MI An-Nashriyah Lasem, serta objeknya adalah partisipasi siswa selama mengikuti kegiatan belajar mengajar dalam membentuk karakter percaya diri pada siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi siswa dapat dilihat dari dua unsur yaitu keterlibatan dan kemauan siswa selama mengikuti proses pembelajaran. Tujuh dari delapan indikator partisipasi siswa tersebut terlihat selama mengikuti pembelajaran. Dari bentuk-bentuk partisipasi tersebut, karakter percaya diri yang sering terlihat berdasarkan keterlibatan siswa adalah hampir seluruh siswa memiliki keyakinan akan kompetensi dan kemampuan diri dan memiliki motivasi berprestasi yang tinggi, sedangkan indikator yang jarang terlihat adalah tidak bergantung pada orang lain, memiliki cara pandang yang positif terhadap diri sendiri dan orang lain, berani menerima penolakan orang lain, memiliki pengendalian diri yang baik, tidak mudah menyerah, dan memiliki keberanian yang tinggi. Indikator percaya diri yang sering terlihat berdasarkan dari kemauan siswa yaitu memiliki motivasi berprestasi tinggi dan keberanian yang tinggi, sedangkan indikator percaya diri yang jarang terlihat adalah memiliki pengendalian diri yang baik dan tidak bergantung pada orang lain. Dari bentuk-bentuk partisipasi tersebut menunjukkan karakter percaya diri pada diri siswa terbentuk selama mengikuti pembelajaran tematik.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Partisipasi Siswa, Pembelajaran Tematik, Karakter Percaya Diri |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 01 Oct 2023 06:37 |
Last Modified: | 01 Oct 2023 06:37 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/558 |
Actions (login required)
View Item |