PROBLEMATIKA PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS III MI HIDAYATUL MUSLIMIN KUMBO

Avidah, Muhimmatul (2022) PROBLEMATIKA PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS III MI HIDAYATUL MUSLIMIN KUMBO. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
SAMPUL DLL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (693kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (577kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan untuk mengetahui problematika pendidikan karakter pada pembelajaran akidah akhlak terhadap pembentukan karakter tanggung jawab siswa kelas III MI Hidayatul Muslimin Kumbo. Pada penelitian ini terdapat beberapa problem yang dialami di MI Hidayatul Muslimin Kumbo, seperti guru yang kurang berpartisipasi dalam pembelajaran akidah akhlak yang menjadikan siswa bosan ketika pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penguji keabsahan data mengunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa problematika pendidikan karakter dalam membentuk karakter tanggung jawab di MI Hidayatul Muslim Kumbo masih belum diterapkan dalam pembelajaran Akidah akhlak. Problematika yang dialami salah satunya berasal dari guru yang kurang tegas dalam mengajar dan tidak mengajar sesuai dengan jadwal yang ditetapkan karena sering berganti jam pelajaran dengan guru lain. Guru masih menggunakan ceramah yang menurut siswa terlalu monoton sehingga siswa merasa bosan dan tidak antusias untuk mengikuti pembelajaran sehingga siswa mengabaikan tanggung jawabnya untuk belajar. Masih ada siswa yang tidak bertanggung jawab terhadap tugas-tugas yang telah diberikan guru. Guru juga tidak memberikan tindak lanjut terhadap permasalahan tersebut.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pembelajaran Akidah Akhlak, Karakter Tanggung Jawab.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 01 Oct 2023 06:37
Last Modified: 01 Oct 2023 06:37
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/543

Actions (login required)

View Item View Item