Wafiroch, Musafitin (2022) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DALAM KITAB MUKHAṬṬAṬ AL INḌIBĀṬ AL DHĀTY TERJEMAH BUKU THE SELF- DISCIPLINE BLUEPRINT KARYA PATRIK EDBLAD DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DALAM KURIKULUM 2013. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
SAMPUL DLL.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (687kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (897kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (680kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (659kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan peristiwa bahwa Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang menekankan pada pendidikan karakter terutama karakter disiplin dan fakta bahwa pendidikan karakter telah diajarkan oleh ulama dan pakar pendidikan karakter baik klasik maupun modern sebelum adanya Kurikulum 2013, di antaranya adalah kitab Mukhaṭṭaṭ al Inḍibāṭ al Dhāty Terjemah Buku The Self�Discipline Blueprint karya Patrik Edblad. Kitab tersebut mengajarkan pendidikan karakter disiplin. Kitab ini kiranya penting untuk diteliti karena membahas karakter disiplin yang relevan dengan Kurikulum 2013 sebagai upaya untuk mewujudkan dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep pendidikan karakter disiplin dalam kitab Mukhaṭṭaṭ al Inḍibāṭ al Dhāty Terjemah Buku The Self-Discipline Blueprint karya Patrik Edblad, memahami konsep pendidikan karakter disiplin dalam Kurikulum 2013, dan mengetahui relevansi konsep karakter disiplin menurut Patrik Edblad terhadap pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif analisis kritis. Pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka (library research). Sumber data primer adalah kitab Mukhaṭṭaṭ al Inḍibāṭ al Dhāty Terjemah Buku The Self-Discipline Blueprint. Sedangkan sumber sekunder diambil dari kajian atau literatur lain yang berkaitan dengan judul penelitian, antara lain buku Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 karya H.E. Mulyasa, buku Integrasi Nilai Karakter dalam Buku Pelajaran Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013 karya Atikah Mumpuni. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, uji keabsahan data menggunakan uji credibility (vadilitas internal), dan teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan karakter disiplin dalam kitab memiliki 4 kebiasaan dasar yaitu disiplin tidur, sarapan, beraktivitas, dan membangun mental. Sedangkan pendidikan disiplin dalam Kurikulum 2013 ada 3 yaitu menghargai waktu, patuh terhadap peraturan, dan tertib sesuai ketentuan. Empat kebiasaan dasar disiplin dalam kitab itu berhubungan dengan menghargai waktu misalnya tidur tepat waktu maksimal 8 jam dalam 1 hari, sarapan tepat waktu agar tidak sakit supaya bisa melakukan suatu aktivitas dengan lancar sehingga bisa membangun mental yang baik. Kedua patuh pada peraturan yang bertujuan untuk berjalannya suatu aktivitas dengan lancar sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Ketiga tertib sesuai ketentuan itu berkaitan dengan membangun mental karena dengan adanya menghargai waktu dan patuh pada peraturan bisa mewujudkan suatu tata tertib dan bisa menumbuhkan mental seseorang.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Mukhaṭṭaṭ al Inḍibāṭ al Dhāty, Kurikulum 2013 |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 01 Oct 2023 06:37 |
Last Modified: | 01 Oct 2023 06:37 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/542 |
Actions (login required)
View Item |