Aeny, Novita Nur. (2022) ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU (STUDI KOMPARASI; GURU MI NEGERI DAN MI SWASTA DI KABUPATEN REMBANG). skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (690kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (792kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (949kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (589kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (989kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
|
Text
SAMPUL DLL.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kompetensi profesional guru merupakan suatu kemampuan yang dimiliki guru dalam mengimplementasikan pembelajaran serta mengembangkan keprofesionalan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional serta perbandingan kompetensi dari guru kelas di MIN 1 Rembang dan MI An-Nashriyyah Lasem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif komparatif. Teknik pengumpulan data ini menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV MIN 1 Rembang dan guru kelas V di MI An�Nashriyyah Lasem. Objek penelitian ini tentang kualifikasi Akademik dan kompetensi profesional guru kelas IV dan V. Hasil Penelitian tentang kualifikasi akademik dan kompetensi profesional guru kelas IV dan V menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi Profesional Shofaul Hikmah guru kelas IV di MIN 1 Rembang, terwujud dalam lima indikator kompetensi profesional yang tercantum dalam Permendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk jenjang sekolah dasar dan menengah. Kualifikasi Akademik Shofaul hikmah yaitu S1 bidang pendidikan agama islam (PAI). akan tetapi, telah mengikuti Pendidikan profesi guru (PPG) dan mendapatkan sertifikat pendidik bidang Guru Kelas MI. Hal ini sesuai dengan Permenristekdikti Nomor 55 Tahun 2017 Tentang Standar Pendidikan Guru (2) Kompetensi Profesional Siti Mariyati guru kelas V di MI An-Nashriyyah, terwujud dalam lima indikator kompetensi profesional yang tercantum dalam Permendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk jenjang sekolah dasar dan menengah. Terkait kualifikasi akademik, Siti Mariyati guru kelas V yaitu S1 pendidikan guru sekolah Dasar (PGSD) dan didukung dengan pendidikan Profesi guru (PPG). Hal ini sesuai dengan Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang kualifikasi akademik guru. dari deskripsi ini terdapat persamaan dan perbedaan dari kedua guru yang diteliti, di antaranya: (1) Persamaan dari kedua guru ini terwujud dalam lima indikator kompetensi profesional yang tercantum dalam Permendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk jenjang sekolah dasar dan menengah. (2) Perbedaan pada kualifikasi akademik, Shofaul hikmah guru kelas IV yaitu S1 dibidang pendidikan agama islam, dan mengikuti pendidikan profesi guru (PPG) untuk mendapatkan kualifikasi yang sesuai dengan bidang guru kelas MI yang diampunya. Kualifikasi akademik Siti Mariyati, guru kelas V yaitu S1 pendidikan guru sekolah Dasar (PGSD) dan didukung dengan pendidikan Profesi guru (PPG).
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : Kompetensi Guru, Profesionalisme Guru, kualifikasi Akademik. |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 01 Oct 2023 03:31 |
Last Modified: | 01 Oct 2023 03:31 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/538 |
Actions (login required)
View Item |