PERSEPSI GURU TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI ISLAMIYAH BANIN JATISARI TUBAN

'Aini, Nur (2022) PERSEPSI GURU TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI ISLAMIYAH BANIN JATISARI TUBAN. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
SAMPUL DLL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (707kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (956kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (690kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena di MI Islamiyah Banin Senori Tuban yaitu, terlihat adanya perbedaan dalam pelaksanaan pembelajaran antara pembelajaran tematik dengan pembelajaran lain seperti pembelajaran agama oleh guru, selain itu terdapat guru yang mengajar masih mengunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru, dalam hal ini pembelajaran tersebut adalah pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang bagaimana persepsi guru terhadap pelaksanaan pembelajaran tematik, penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualittaif, meliputi kegiatan penilaian atau pendapat terhadap masalah yang sedang terjadi oleh subjek utama penelitian ini yaitu, guru kelas 4, 5 dan 6. Wawancara observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya, dan data yang telah didapat akan dianalisis dengan menggunakan metode analitis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran tematik sudah menggunakan tema dan kegiatan pelaksanaanya terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pada kegiatan pra pembelajaran guru menyiapkan RPP, media dan materi sehingga menimbulkan Persepsi keberatan apabila harus menyiapkanya setiap sebelum mengajar. Pada kegiatan pendahhuluan guru akan melakukan kegiatan yang membuat siswa siap untuk mengikuti pembelajaran sehingga akan menimbulkan persepsi memudahkan guru. Pada kegiatan inti, untuk mengaitkan materi masih menimbulkan kebingungan karena materi pembelajaran yang masih umum, dan pada kegiatan penutup guru merasa mudah dengan dilaksanakannya kegiatan penilaian dan refleksi.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Guru, Pelaksanaan Pembelajaran Tematik, Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 26 Sep 2023 05:54
Last Modified: 26 Sep 2023 05:54
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/537

Actions (login required)

View Item View Item