Ningsih, Heni Lukita. (2022) ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI DAN KREATIF SISWA DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIAH AL-HIDAYAH SINGGAHAN TUBAN. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
ABSTRAK HENI LUKITA.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (701kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (768kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (607kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (685kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (582kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (688kB) |
|
Text
SAMPUL DLL.pdf Download (2MB) |
Abstract
Ningsih, Heni Lukita. 2022. Analisis Pendidikan Karakter Mandiri dan Kreatif Siswa dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas V Madrasah Ibtidaiah Al-Hidayah Singgahan Tuban. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar. Pembimbing : Syarifatul Fitri Hidayah, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya fenomena di lapangan seperti banyak siswa yang masih bergantung pada orang lain ketika mengerjakan tugas, siswa saling contek mencotek antar teman, kurangnya alat untuk mengembangkan kreatifitas pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan karakter mandiri dan kreatif siswa melalui implementasi pembelajaran tematik di MI Al-Hidayah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari kepala sekolah dan guru kelas V MI Al-Hidayah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter mandiri dan kreatif siswa dilakukan melalui tiga tahap; 1) Tahap perencanaan, tahap ini dilakukan dengan memahami karakter peserta didik dengan baik, serta guru menyusun RPP terlebih dahulu; 2) Tahap pelaksanaan, dilakukan pada tiga kegiatan yaitu, di kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup; 3) Tahap Evaluasi Hasil Belajar, tertuang dalam tiga jenis penilaian yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Dari ketiga tahap implementasi pembelajaran tematik sudah berjalan dengan baik meskipun masih ada sedikit kendala dalam sarana prasarana yang sedikit kurang memadai. Kata Kunci: Pendidikan Karakter
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 05:54 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 05:54 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/535 |
Actions (login required)
View Item |