Syarifah, Haniatus (2022) ANALISIS TINDAKAN BULLYING PADA SISWA (STUDI KASUS DI MI ISLAMIYAH BANIN JATISARI SENORI TUBAN). skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
Abstrak Haniatus Syarifah..pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (437kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (714kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (431kB) |
|
Text
SAMPUL DLL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Syarifah, Haniatus. 2022. Analisis Tindakan Bullying pada Siswa (Studi Kasus di MI Islamiyah Banin Jatisari Senori Tuban). Skripsi. Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah STAI Al-Anwar Sarang Rembang. Pembimbing Syamsul Hadi, M.Pd. Perundungan terhadap anak sekolah seringkali menimbulkan rasa trauma yang mendalam bagi korban maupun keluarga korban. Dilansir dari Kompas.com pada bulan September 2022 yang lalu, siswa kelas 5 SD di Tasikmalaya menjadi korban bullying, siswa tersebut menderita depresi berat dan akhirnya meninggal dunia. Fenomena bullying penting untuk diteliti lebih jauh, terutama fenomena tindakan bullying yang didominasi oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis apa saja bentuk-bentuk tindakan bullying pada siswa di MI Islamiyah Banin Jatisari Senori Tuban; 2) mengetahui dan mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya tindakan bullying pada siswa di MI Islamiyah Banin Jatisari Senori Tuban dan cara mengatasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas atas, guru kelas, dan kepala sekolah. Objek penelitian ini adalah tindakan bullying siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan tindakan bullying di antaranya, 1) bullying fisik, yaitu: mendorong, memukul, menendang; 2) bullying verbal, yaitu: memanggil dengan julukan nama, mengancam, menghina, memberikan kritikan tajam; dan 3) bullying sosial, yaitu: memberikan tatapan sinis, tawa mengejek. Fakor terjadinya tindakan bullying, yaitu faktor kepribadian, faktor keluarga, dan faktor teman sejawat. Adapun penanganan yang dilakukan oleh pihak sekolah, yaitu memberikan nasehat, meminta siswa menghafal surah-surah pendek, dan dibuatkan surat peringatan yang diberikan kepada orang tua. Kata kunci: bullying fisik, bullying verbal, bullying sosial.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 05:54 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 05:54 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/534 |
Actions (login required)
View Item |