PERAN GURU KELAS SEBAGAI MANAJER DAN INOVATOR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V MI AN-NASHRIYAH LASEM

Habibah, Habibah (2022) PERAN GURU KELAS SEBAGAI MANAJER DAN INOVATOR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V MI AN-NASHRIYAH LASEM. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
Abstrak SKRIPSI HABIBAH_PGMI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)
[img] Text
SAMPUL DLL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Habibah. 2022. Peran Guru Kelas Sebagai Manajer dan Inovator Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V MI An-Nashriyah Lasem. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah. STAI Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Zainal Arifin, S.S., M.Pd. Peran guru sebagai manajer dapat dimaknai sebagai tanggung jawab untuk mengatur, mengarahkan, mengelola atau menata segala hal yang berkaitan dengan pengelolaan kelas. Peran guru sebagai inovator dapat dimaknai bahwa seorang guru harus mampu menciptakan dan meningkatkan ide, gagasan, kreatifitas dan aktivitas peserta didik selama pembelajaran. Oleh karena begitu pentingnya peran ini, maka layak untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pelaksanaan peran guru kelas sebagai manajer dan inovator pada pembelajaran tematik. 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat seorang guru dalam pelaksanaan perannya sebagai manajer dan inovator. 3) Mengetahui upaya solutif untuk menghadapi hambatan dalam pelaksanaan guru kelas sebagai manajer dan inovator pada pembelajaran tematik siswa kelas V MI An-Nashriyah Lasem. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas V C, kepala MI AnNashriyah dan siswa kelas V C MI An-Nashriyah Lasem. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: 1) peran guru sebagai manajer diantaranya menata kelengkapan dan ruang fisik kelas, mengatur kedisiplinan siswa serta dalam pembelajaran diantaranya sikap hangat dan antusias, dan tantangan. 2) Peran guru sebagai inovator pada pembelajaran, diantaranya melibatkan siswa dalam pembelajaran, menyampaikan bahan materi ajar dan menanamkan rasa gemar membaca. 3) Faktor penghambat peran guru sebagai manajer diantaranya sorang guru mendapati orang tua murid yang tidak mendukung untuk kemajuan peserta didik dan mendapati keterlambatan peserta didik dalam menerima pelajaran. Upaya seorang guru harus meluangkan waktu untuk membimbing peserta didik yang mengalami keterlambatan dalam pelajaran Faktor panghambat peran guru sebagai inovator, apabila dalam pemilihan strategi dan metode pembelajaran yang diterapkan tidak sesuai kompetensi siswa maka dalam menggunakan strategi dan metode pembelajaran dengan memaksimalkan persiapan metode dan strategi pembelajaran yang akan digunakan serta menyesuaikan strategi dan metode pembelajaran sesuai kompetensi siswa. Kata Kunci: Manajer, Inovator, Tematik, Siswa Kelas V C

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajer, Inovator, Tematik, Siswa Kelas V C
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2023 05:53
Last Modified: 26 Sep 2023 05:53
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/533

Actions (login required)

View Item View Item