Qothi, Fiqhi Amirul (2022) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK ANAK PERSPEKTIF IMAM AL GHAZALI DALAM KITAB IḤYĀ’ ‘ULŪMIDDĪN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI SD ISLAM FAAZ TUBAN. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
Abtrak Skripsi Fiqhi Amirul PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (697kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (705kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (698kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (753kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (686kB) |
|
Text
SAMPUL DLL.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Qothi, Fiqhi Amirul. 2022. Konsep Pendidikan Akhlak Anak Perspektif Imam AlGhazali Dalam Kitab Iḥyā‟ „Ulūmiddīn Dan Relevansinya Terhadap Proses Pembelajaran Di SD Islam Faaz Tuban. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Muhammad Jamil, Lc. M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena dekadensi atau kemrosotan akhlak yang banyak terjadi di kalangan pemuda bahkan anak-anak. Para cendekiawan muslim pada masa lampau telah menawarkan berbagai solusi untuk mengatasi tersebut. Dengan adanya hal tersebut, maka penulis ingin sekali untuk meneliti dan mendalami bagaimana konsep pendidikan akhlak anak yang dirumuskan oleh imam al-Ghazali dalam kitab Iḥyā‟ „Ulūmiddīn yang telah dikaji diseluruh dunia hingga saat ini. Sehingga mampu menjawab permasalahan dekadensi akhlak yang tak kunjung selesai. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak anak yang terdapat dalam kitab Iḥyā‟ „Ulūmiddīn karya Imam al-Ghazali dan mendeskripsikan relevansi konsep tersebut dengan proses pembelajaran di masa kini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepustakaan (library research) dengan desain deskriptif. Sumber data primer penelitian ini adalah kitab Iḥyā‟ „Ulūmiddīn karya Imam al-Ghazali dan hasil obsersvasi proses pembelajaran di SD Islam Fazz. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah buku M. Said yang berjudul Imam Al-Ghazali Tentang Filsafat Akhlak, Pemikiran Al Ghazali Tentang Pendidikan buku karya Abidin Ibnu Rusd dan Zainuddin Alawi yang berjudul Pemikiran Pendidikan Islam pada Abad Klasik dan Pertengahan, buku karya Zainuddin yang berjudul Seluk Beluk Pendidikan dari Al Ghazali, dan buku atau jurnal penelitian lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis teks dan observasi, uji keabsahan data menggunakan uji credibility (validitas internal), dan teknik analisis data menggunakan metode analis data kualitatif yang digagas oleh Milles dan Hubberman. Hasil dalam menelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa relevansi konsep pendidikan akhlak anak dalam kitab Iḥyā‟ „Ulūmiddīn karya Imam al-Ghazali dan proses pembelajaran di SD Islam Fazz Tuban di antarannya ialah guru menerangkan akhlak yang baik kepada murid, guru menerangkan akhlak yang buruk dan dampaknya bagi kehidupan, Guru menegur anak yang melakukan tindakan yang tidak terpuji dengan cara yang baik. Peserta didik mendaptakan pelajaran al-Qur‟an dan hadis. Guru mengajak anak bergerak dan berolahraga. Guru memberikan kesempatan kepada anak didik untuk beristirahat. Anak dibiasakan untuk salat dan puasa. Anak diajari untuk patuh yerhadap guru dan orang tua . Kata kunci: Pendidikan akhlak anak, Kitab Iḥyā‟ „Ulūmiddīn, Imam al-Ghazali
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan akhlak anak, Kitab Iḥyā‟ „Ulūmiddīn, Imam al-Ghazali |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 05:53 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 05:53 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/528 |
Actions (login required)
View Item |