PROBLEMATIKA KOMUNIKASI ORANG TUA DAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI SISWA KELAS 4 MI TARBIYATUL ISLAMIYAH RACI BATANGAN PATI

Alfiana, Rosita (2021) PROBLEMATIKA KOMUNIKASI ORANG TUA DAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI SISWA KELAS 4 MI TARBIYATUL ISLAMIYAH RACI BATANGAN PATI. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang ditimbulkan dari komunikasi orang tua dan guru pada masa pandemi covid-19 terutama dalam pembentukan karakter mandiri siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif, serta menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek utama dalam penelitian ini adalah orang tua siswa dan guru kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Raci. Objek dalam penelitian ini adalah problematika komunikasi orang tua dan guru di masa pandemi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang ditimbulkan dari komunikasi orang tua dan guru dalam pembelajaran daring adalah kurangnya pengetahuan orang tua dan guru terhadap perkembangan teknologi yang semakin canggih serta sistem pembelajaran daring yang semakin kompleks. Komunikasi yang digunakan orang tua dan guru pada pembelajaran daring yaitu komunikasi antar pribadi dan komunikasi kelompok. Komunikasi antar pribadi digunakan orang tua dan guru untuk mengontrol perkembangan siswa selama pembelajaran daring berlangsung. Sedangkan komunikasi kelompok digunakan guru sebagai media dalam pembelajaran daring. Dampak yang dialami dari adanya pembelajaran daring tersebut diantaranya yaitu siswa belum memiliki handphone, sinyal yang kurang stabil, dan kurangnya pengontrolan dari guru terhadap masing�masing siswa serta siswa belum sepenuhnya memiliki sikap mandiri dalam melaksanakan pembelajaran daring karena masih menunggu intruksi dari orang tua dan saudara untuk mengerjakan tugas selama pembelajaran daring di rumah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika Komunikasi Orang Tua dan Guru, Pembelajaran Daring, dan Karakter Mandiri
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 26 Sep 2023 05:53
Last Modified: 26 Sep 2023 05:53
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/525

Actions (login required)

View Item View Item