KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT SHAYKH HĀFIẒ HASAN AL-MAS’ŪDI DALAM KITAB TAISĪR ALKHALĀQ FI ILM AL-AKHLĀQ DAN SYEKH HASYIM ASY-‘ARI DALAM KITAB ĀDĀB AL-‘ĀLIM WA AL-MUTA’ALLIM SERTA RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERMUAT DI KURIKULUM 2013

Saputro, Edi (2022) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT SHAYKH HĀFIẒ HASAN AL-MAS’ŪDI DALAM KITAB TAISĪR ALKHALĀQ FI ILM AL-AKHLĀQ DAN SYEKH HASYIM ASY-‘ARI DALAM KITAB ĀDĀB AL-‘ĀLIM WA AL-MUTA’ALLIM SERTA RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERMUAT DI KURIKULUM 2013. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (801kB)
[img] Text
ABSTRAK EDI SAPUTRO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (699kB)

Abstract

Saputro Edi. Konsep Pendidikan Karakter Menurut Shaykh Hāfiẓ Hasan Al-Mas‟ūdi dalam kitab Taisīr al-Khalāq fi Ilm al-Akhlāq dan Syekh Hasyim Asy-„Ari dalam kitab Ādāb al-„Ālim wa al-Muta‟allim Serta Relevansinya dalam Pendidikan Karakter Yang Termuat di Kurikulum 2013, 2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Muhammad Jamil, Lc., M.Pd.I Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adannya fenomena pendidikan bangsa yang terus mengalami berbagai dinamika, baik dari sikap, kualitas akademik dan juga bentuk kecintaan generasi kepada bangsanya. Berhubung dengan adanya perihal tersebut, maka penulis ingin sekali untuk meneliti dan mendalami bagaimana konsep pendidikan karakter yang di tanamkan kepada generasi muda bangsa pada waktu itu, sehingga mampu menghantarkan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang merdeka dan di segani oleh bangsa lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Taisīr al-Khalāq fi Ilm al-Akhlāq karya Shaykh Hāfiẓ Hasan Al-Mas‟ūdi dan kitab Ādᾱb al- Ᾱlim wa al-Muta allim karya Syekh Hasyim Asy‟ari serta relevansinya dalam pendidikan karakter yang termuat di kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepustakaan (library research) dengan desain deskriptif. Sumber data primer penelitian ini adalah kitab Taisīr al-Khalāq fi Ilmi al-Akhlāq karya Shaykh Hāfiẓ Hasan Al-Mas‟udi dan kitab Adᾱb al- Ᾱlim wa alMuta allim karya Syekh Hasyim Asy‟ari. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah buku karya Zuhairi Misrawi yang berjudul Syekh Hasyim Asy‟ari Moderasi, Pendidikan Karakter karya Imas Kurniasih dan Berlin Sani, penelitian Fuad Ma‟sum yang berjudul Studi Analisis Nilai Nilai Pendidikan Akhlak dalam Ādᾱb al- Ᾱlim wa al-Muta allim Karya K.H. Hasyim Asy'ari dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter, dan buku atau jurnal penelitian lainnya. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada nilai penting dalam pendidikan karakter dalam kitab Taisīr al-Khalāq fi Ilmi al-Akhlāq karya Shaykh Hāfidz Hasan Al-Mas‟ūdi dan kitab Ādᾱb al- Ᾱlim wa al-Muta allim karya Syekh Hasyim Asy‟ari di antarannya ialah sikap dapat dipercaya yang sulit ditemukan pada era globalisasi sekarang ini. Terlebih diterapkan di lingkungan sekolah, masyarakat, dan keluarga. Maka akan menjadikan generasi penerus ini akan menjadi generasi yang mempunyai kepribadian yang layak untuk diberikan kepercayaan dalam memimpin bangsa dan negara ini. Kata kunci: Pendidikan karakter, Taisīr al-Khalāq fi Ilmi al-Akhlāq, Ādᾱb al- Ᾱlim wa alMuta allim, Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, Taisīr al-Khalāq fi Ilmi al-Akhlāq, Ādᾱb al- Ᾱlim wa alMuta allim, Kurikulum 2013.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2023 05:52
Last Modified: 26 Sep 2023 05:52
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/518

Actions (login required)

View Item View Item