PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN LITERASI SAINS TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI NEGERI 1 BOJONEGORO

Rahayu, Diyah Umi (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN LITERASI SAINS TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI NEGERI 1 BOJONEGORO. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
1-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (626kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (503kB)
[img] Text
SAMPUL DLL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (503kB)

Abstract

Rahayu, Diyah Umi. 2022. Pengaruh Motivasi Belajar dan Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Literasi Sains terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V MI Negeri 1 Bojonegoro. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Intan Aulia Rakhmawati, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengujji dan menganalisis Pengaruh motivasi belajar dan keaktifan siswa dalam kegiatan literasi sains terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas V MI Negeri 1 Bojonegoro baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan korelasional ganda. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V MI Negeri 1 Bojonegoro tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini yaitu 96 siswa yang diperoleh melalui teknik sampel acak. Data pada penelitian ini dihimpun melalui angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untu mengumpulkan data variabel motivasi belajar dan keaktifan siswa dalam kegiatan literasi sains, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar IPA. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan uji regresi linier ganda setelah uji prasyarat analisis terpenuhi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa (1) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas V MI Negeri I Bojonegoro, (2) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara keaktifan siswa dalam kegiatan literasi sains terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas V MI Negeri I Bojonegoro, dan (3) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara motivasi belajar dan keaktifan siswa dalam kegiatan literasi sains terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas V MI Negeri I Bojonegoro pada tingkat signifikansi . Kata kunci : motivasi belajar, literasi sains, prestasi belajar IPA

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, literasi sains, prestasi belajar IPA
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2023 05:52
Last Modified: 26 Sep 2023 05:52
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/517

Actions (login required)

View Item View Item