Robith, Muhammad Dinu (2022) ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV MI MA'ARIF AL MA'SHUM JEPON BLORA. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
1-ABSTRAK_compressed.pdf Download (418kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (771kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (937kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (686kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (750kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) |
|
Text
DAFAR PUSTAKA.pdf Download (665kB) |
|
Text
SAMPUL DLL.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Robith, Muhammad Dinu. 2021. Analisis Pembelajaran Tematik terhadap Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa kelas IV MI Ma‟arif Al-Ma‟shum Jepon Blora. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing Herman Khunaivi, M.Pd. Pendidikan mempunyai fungsi yang sangat penting dalam mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter bangsa yang bermartabat. Pembentukan karakter dan pengembangan kemampuan peserta didik dimulai dari proses pembelajaran di dalam kelas, oleh karena itu penelitian ini tentang Pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui proses pembelajaran tematik siswa kelas IV MI Ma‟arif Al-Ma‟shum Jepon Blora. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses Pembelajaran tematik terhadap Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Kelas IV MI Ma‟arif Al-Ma‟shum jepon Blora. Jenis penelitian ini adalah field research yaitu penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif analitis. Teknik keabsahan data menggunakan dua dari empat kriteria yakni kepercayaan (credibility) dan kebergantungan (dependability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter disiplin siswa kelas IV MI Ma‟arif Al-Ma‟shum diimplementasikan dalam pembelajaran tematik, hal tersebut tercermin dalam diri siswa seperti, siswa datang tepat waktu, menggunakan seragam sesuai jadwal, membawa alat tulis lengkap, dan mendengarkan guru ketika menyampaikan materi. Hal tersebut didukung dengan adanya kegiatan sebelum jam pembelajaran dimulai misalnya seperti, membaca surat pendek, membaca asma‟ul husna, membaca janji siswa MI Ma‟arif AlMa‟shum, dan melakukan sholat dhuha berjama‟ah. Kemudian dalam pembentukan karakter tanggung jawab siswa kelas IV MI Ma‟arif Al-Ma‟shum juga diimplementasikan pada pembelajaran tematik, hal tersebut dapat dilihat pada kegiatan siswa seperti, menyapu kelas sesuai jadwal, mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, mengumpulkan tugas tepat waktu. Kemudian didukung dengan kegiatan diluar jam pembelajaran seperti, siswa melakukan adzan sebelum sholat dhuha dimulai sesuai jadwal, kemudian bagi siswa yang bermain sendiri langsung ditunjuk guru piket untuk menjadi muadzin atau Imam pada hari beriktnya, dan bagi siswa yang tidak mengerjakan tugas biasanya disuruh melakukan sholat dhuha 2 rakaat. Dalam pembentukan karakter siswa, sekolah MI Ma‟arif Al-Ma‟shum juga mempunyai kegiatan penunjang seperti melakukan ziarah kubur ke makam Mbah Ma‟shum setiap hari Jum‟at Legi, beliau pendiri cabang NU pertama di Indonesia yang bertempat di Blora. Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tematik, Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab. |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 05:52 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 05:52 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/516 |
Actions (login required)
View Item |