Mubarokah, , Choirotul Nisak Maimunatul (2022) ANALISIS SUPERVISI PENDIDIKAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KOMPETENSI GURU DI MI ISLAMIYAH BANAT SENORI TUBAN. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
Abstrak Skripsi Choirotun Nisa.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (393kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (383kB) |
|
Text
SAMPUL DLL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Mubarokah, Choirotul Nisak Maimunatul, 2022, Analisis Supervisi Pendidikan Kepala Madrasah terhadap Kompetensi Guru di MI Islamiyah Banat Senori Tuban. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam AlAnwar Sarang. Pembimbing Zainal Arifin, S.S., M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena kurang optimalnya kompetensi guru MI Islamiyah Banat Senori Tuban, sehingga berdampak terhadap keberhasilan guru dalam mencapai tujuan madrasah. Supervisi pendidikan menjadi salah satu usaha yang dilakukan kepala madrasah untuk memperbaiki, membimbing, dan mengoordinasikan perkembangan kompetensi guru, terutama dalam hal pengajaran. Kompetensi guru yang berkaitan langsung dengan pengajaran adalah kompetensi pedagogis dan kompetensi profesional guru. Kedua kompetensi ini digunakan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program supervisi pendidikan kepala madrasah dan dampaknya terhadap kompetensi guru di MI Islamiyah Banat Senori Tuban. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek utama dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru kelas 1, guru kelas 5, dan guru mapel bahasa Arab. Objek penelitian ini adalah supervisi pendidikan kepala madrasah terhadap kompetensi guru di MI Islamiyah Banat Senori Tuban. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik pengujian data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data, serta teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk supervisi pendidikan yang dilakukan kepala MI Islamiyah Banat Senori Tuban diawali dengan serangkaian kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Supervisi pendidikan dapat memperbaiki dan meningkatkan kompetensi guru dalam pengajaran, khususnya pada kompetensi pedagogis maupun kompetensi profesional. Kompetensi pedagogis meningkat dengan tujuh indikator di antaranya: pengembangan kurikulum, mengenal karakteristik anak, pembelajaran mendidik, penggunaan media, komunikatif, melaksanakan penilaian, dan pemanfaatan hasil penilaian melalui remedial dan pengayaan. Adapun pada kompetensi profesional meningkat dengan dua indikator, di antaranya: 1.) penguasaan materi, konsep dan pola keilmuan. 2.) penguasaan standar kompetensi, kompetensi dasar, serta tujuan pembelajaran. 3.) pemanfaatan teknologi dan komunikasi sebagai pengembangan melalui seminar dan pelatihan. Kata Kunci: Supervisi Pendidikan, Kepala Madrasah, Kompetensi Guru.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Pendidikan, Kepala Madrasah, Kompetensi Guru. |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 05:52 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 05:52 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/515 |
Actions (login required)
View Item |