Rikza, Muhammad Zulfa Khoirur (2021) MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB GURU PADA PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI DI MI NU RAUDLATUT THOLIBIN JEPANGPAKIS JATI KUDUS. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (797kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (962kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (883kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (668kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (882kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan bagaimana model kepemimpinan yang di lakukan kepala sekolah di masa pandemi, dengan adanya pandemi pembelajaran yang di lakukan di sekolah pasti berbeda, tanggung jawab serta kedisiplinan para guru sangat di butuhkan agar dapat memberikan sebuah pembelajaran yang baik. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model kepemimpinan kepala sekolah dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab guru pada pembelajaran daring di masa pandemi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian adalah Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Raudlotut Tholibin di desa Jepangpakis kecamatan Jati kabupaten Kudus. Sumber data adalah Kepala sekolah dan 2 guru. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Intrumen penelitian adalah lembar obsevasi berupa angket, lembar wawancara, dan dokumen berupa profil madrasah Teknik analisis menggunakan model Miles and Hubberman. Uji keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan kecukupan rujukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam mengembangkan karakter disiplin dan tanggung jawab guru pada pembelajaran daring di masa pandemi di MI NU Raudlotut Tholibin Jepang Pakis Jati Kudus, kepala sekolah menggunakan model kepemimpinan yang saling berkaitan yaitu model kepemimpinan otokratik, model kepemimpinan partisipatif, dan model kepemimpinan demokratik. Dengan mneggunakan indikartor kepemiminan yaitu : 1. Pembuatan visi, misi, tujuan, dan setrategi lembaga di susun oleh pemimpin dan di bantu anggota. 2. Kebebasan yang di miliki pemimpin lebih tinggi dari anggota. 3. Pelaksanaan keputusan berdasarkan instruksi dari pimpinan. 4. Komunikasi di lakukan secara dua arah baik formal maupun informal. 5. Kreatifitas dan inovasi para anggota tinggi. 6. Pembuata keputusan di lakukan berdasarkan hasil musyawarah.. 7. Pemberdayaan anggota tinggi. 8. Kedisiplinan dan tanggung jawab guru sangat baik.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model kepemimpinan kepala sekolah, Membentuk karakter guru |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen dan Supervisi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 05:52 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 05:52 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/512 |
Actions (login required)
View Item |