Ni‟am, Mochammad Tamamun (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU APA YANG BENAR, BUKAN SIAPA YANG BENAR KARYA EMHA AINUN NADJIB DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN DASAR ISLAM. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (509kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (593kB) |
Abstract
Pendidikan Islam bukan hanya proses transformasi nilai-nilai moral saja. Namun, yang paling penting adalah bagaimana nilai-nilai moral yang telah ditanamkan melalui pendidikan Islam tersebut mampu berperan aktif sebagai generator yang memiliki kekuatan yang dapat membebaskan dari tekanan dan himpitan keterbelakangan sosial-budaya, kebodohan, ekonomi, serta kemiskinan di tengah mobilitas yang begitu cepat. Emha Ainun Nadjib salah satu essais Indonesia yang banyak mencurahkan pemikirannya melalui tulisan, salah satunya buku Apa yang Benar, Bukan Siapa yang Benar sarat akan pelajaran dalam ranah sosial masyarakat, namun juga tidak meninggalkan aspek vertikal, yaitu yang berhubungan dengan Tuhan. Peneliti tergugah untuk meneliti lebih detail terkait nilai-nilai pendidikan Islam yang dapat digali dari kumpulan esai tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui muatan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam buku Apa yang Benar, Buka Siapa yang Benar karya Emha Ainun Nadjib, dan mengethaui relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku Apa yang Benar, Buka Siapa yang Benar karya Emha Ainun Nadjib dengan pendidikan islam. penelitian ini termasuk jenis penelitian Library Research dengan pendekatan hermeneutika. Hasil dari peneilitian ini ditemukan bahwasannnya: (1) nilai pendidikan islam dalam kumpulan esai yang berjudul Apa Yang Benar, Bukan Siapa Yang Benar antara lain nilai pendidikan aqidah, nilai penddikan akhlaq, nilai pendidikan syariah, niali penddikan akal, dan nilai pendidikan jasmani. (2) Relevansi Nilai pendidikan akhlaknya melingkupi adab kepada Allah, adab terhadap Rasulullah, adab terhadap sesama manusia, adab terhadap lingkungan, dan adab terhadap diri sendiri, Nilai pendidikan syariahnya adalah tentang ibadah, Perkawinan, Pekerjaan, dan tentang hubungan dengan masyarakat. Adapun nilai pendidikan akalnya adalah terkait belajar sejarah, belajar pada sorot mata, mengakali setiap peristiwa agar menjadi ilmu, konsep manajemen, poligami, tafsir, paradoks akal.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mochammad Tamamun |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 05:52 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 05:52 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/511 |
Actions (login required)
View Item |