Yanfa‟una, Arina Ma (2022) KETERCAPAIAN KOMPETENSI PRAKTIK WUDU: (STUDI KOMPARATIF SISWA KELAS I MI NEGERI 1 REMBANG DAN SISWA KELAS II SD ISLAM ANNAWAWIYAH REMBANG ). skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.
Text
Abstrak Skripsi Mayanfa'una.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (662kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (987kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (804kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (516kB) |
|
Text
SAMPUL DLL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Yanfa‟una, Arina Ma. 2022. Ketercapaian Kompetensi Praktik Wudu : (Studi Komparatif Siswa Kelas I MI Negeri 1 Rembang dan Siswa Kelas II SD Islam An-Nawawiyah Rembang). Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar Sarang. Pembimbing: Muhammad Najib, Lc., M.Th.I. Latar belakang penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pembelajaran praktik wudu siswa kelas I MI Negeri 1 Rembang dan siswa kelas II SD Islam An-Nawawiyah Rembang; 2) Penilaian praktik wudu siswa kelas I MI Negeri 1 Rembang dan siswa kelas II SD Islam An-Nawawiyah Rembang; 3) Ketercapaian kompetensi praktik wudu siswa kelas I MI Negeri 1 Rembang dan siswa kelas II SD Islam An-Nawawiyah Rembang. Jenis penelitian ini kualitatif dengan studi komparatif deskriptif. Subjek penelitian ini siswa kelas I MI Negeri 1 Rembang dan siswa kelas II SD Islam An-Nawawiyah Rembang. Objek penelitian ini ketercapaian kompetensi praktik wudu pada mata pelajaran PABP di kelas II SD Islam AnNawawiyah Rembang dan mata pelajaran Fikih kelas I di MI Negeri I Rembang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh: 1) Pelaksanaan pembelajaran praktik wudu kelas I MI Negeri 1 Rembang dengan menggunakan metode ceramah dan simulasi, media pendukung pembelajaran berupa video dan gambar animasi praktik wudu. Adapun pelaksanaan pembelajaran kelas II di SD Islam An-Nawawiyah Rembang dengan menggunakan metode ceramah, dengan media pendukung pembelajaran berupa video yang dibagikan melalui link dalam grup kelas; 2) Pelaksanaan penilaian praktik wudu kelas I MI Negeri 1 Rembang dilakukan melalui praktik secara langsung sebanyak 3 sampai 5 kali praktik. Adapun penilaian praktik wudu siswa kelas II SD Islam An-Nawawiyah Rembang dilakukan melalui penugasan video praktik wudu dengan didampingi orang tua di rumah, dengan satu kali simulasi wudu ketika pembelajaran tatap muka; 3) Ketercapaian kompetensi praktik wudu siswa kelas I MI Negeri 1 Rembang, dari 19 siswa terdapat 31,58% siswa yang mampu mempraktikkan wudu dengan benar, dan 68,42% siswa masih belum mampu mempraktikkan wudu dengan benar. Adapun ketercapaian kompetensi praktik wudu siswa kelas II SD Islam An-Nawawiyah Rembang, dari 28 siswa terdapat 10,71% siswa yang mampu mempraktikkan wudu dengan benar, dan 89,29% siswa masih belum mampu mempraktikkan wudu dengan benar. Kata Kunci: Proses Pembelajaran, Proses Penilaian, Ketercapaian Kompetensi Praktik Wudu, MI Negeri 1 Rembang, SD Islam An-Nawawiyah Rembang
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses Pembelajaran, Proses Penilaian, Ketercapaian Kompetensi Praktik Wudu, MI Negeri 1 Rembang, SD Islam An-Nawawiyah Rembang |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 05:51 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 05:51 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/509 |
Actions (login required)
View Item |