Fajriyah, Irma Isnaini (2021) MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II MADRASAH IBTIDAIAH ROUDLOTUL ULUM BANYUTENGAH PANCENG GRESI. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (835kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (721kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (943kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (915kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (711kB) |
Abstract
Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan mulai dari jenjang sekolah dasar sampai pendidikan tinggi. Di dunia pendidikan, bahasa Indonesia memiliki peranan yang sangat penting, yaitu sebagai bahasa pengantar. Oleh karena itu, keterampilan berbahasa Indonesia, baik keterampilan reseptif (menyimak dan membaca) maupun keterampilan produktif (berbicara dan menulis) harus diajarkan secara berimbang sebagai penunjang komunikasi efektif, terutama di kelas rendah. Maka dari itu, guru perlu menentukan model pembelajaran yang sesuai untuk mengembangkan empat aspek keterampilan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan model pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas II Madrasah Ibtidaiah Roudlotul Ulum Banyutengah Panceng Gresik. 2) Mendeskripsikan keterampilan berbahasa Indonesia siswa kelas II Madrasah Ibtidaiah Roudlotul Ulum Banyutengah Panceng Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 23 siswa kelas II M.I. Roudlotul Ulum. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data dan teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model-model pembelajaran yang diterapkan oleh guru kelas untuk keterampilan berbahasa Indonesia, yaitu: 1) Keterampilan menyimak siswa dengan model pembelajaran ritelling story sangat baik, baik dongeng yang dibacakan oleh guru maupun oleh temannya. Siswa mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru yang terdapat pada dongeng dan menceritakan kembali dengan menggunakan bahasanya sendiri. 2) Keterampilan berbicara siswa dengan model bercerita kegiatan sehari-hari berhasil dicapai, siswa mampu terampil menceritakan kegiatannya di depan kelas dengan mengolah bahasanya sendiri, lancar berbicara menggunakan bahasa Indonesia. 3) Keterampilan membaca siswa dengan model pembelajaran membaca estafet sangat baik, membaca nyaring siswa lancar, meraka sangat percaya diri membaca dongeng secara bergantian. 4) Keterampilan menulis siswa dengan menerapkan model pembelajaran baca-tulis (dikte) relatif baik, siswa bisa menulis di buku tulis yang dibacakan oleh guru, akan tetapi masih belum bisa menggunakan tanda baca atau menggunakan huruf kapital. Adapun kegiatan menulis siswa di papan tulis sangat baik, semua siswa kelas II dapat membaca tulisan temannya
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran, keterampilan berbahasa Indonesia, siswa kelas II |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 00:51 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 00:51 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/506 |
Actions (login required)
View Item |