Argo, Faisal Obby (2022) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB RIYᾹḌ AL-ṢᾹLIḤĪN KARYA IMAM NAWAWI. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (744kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (889kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (643kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (634kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (640kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan bahwa pendidikan karakter yang baik harus diinternalisasikan pada diri siswa menggunakan peneladanan, teladan yang terbaik adalah Rasulullah salallahu‟alaihi wasalam. Salah satu akses untuk belajar meneladani Rasulullah salallahu‟alaihi wasalam adalah melalui hadis�hadis. Kitab hadis yang menceritakan keteladanan karakter Rasulullah salallahu‟alaihi wasalam adalah kitab Riyāḍ al-Ṣāliḥīn karya Imam Nawawi. Untuk dapat menginternalisasikan karakter Rasulullah salallahu‟alaihi wasalam dalam kitab Riyāḍ al-Ṣāliḥīn karya Imam Nawawi pada siswa, perlu ditemukan relevansinya dengan nilai karakter dalam Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep pendidikan karakter dalam kitab Riyāḍ al-Ṣāliḥīn karya Imam Nawawi dan mengetahui relevansi pendidikan karakter dalam kitab Riyāḍ al-Ṣāliḥīn karya Imam Nawawi terhadap nilai-nilai pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan desain deskriptif. Sumber data primer penelitian ini adalah kitab Riyāḍ al-Ṣāliḥīn karya Imam Nawawi. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah kitab Syarah Dalil Al-Fālihīn Li Riyāḍ al-Ṣāliḥīn , Arbain Nawawi karya Imam An�Nawawi, buku yang berkaitan, dan jurnal penelitian lain yang serupa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas internal, dan teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kitab Al Adab dalam kitab Riyāḍ al-Ṣāliḥīn karya Imam Nawawi memiliki lima belas bab. Lima belas bab tersebut memuat empat dimensi karakter, yaitu: dimensi spiritual, dimensi sosial, dimensi personal, dan dimensi integrasi. Kitab tersebut juga relevan terhadap delapan nilai-nilai pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013. Delapan karakter tersebut meliputi karakter religius, jujur, toleransi, demokratis, komunikatif, kerja keras, cinta damai, dan peduli sosial
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Riyāḍ al-Ṣāliḥīn, Kurikulum 2013 |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 00:51 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 00:51 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/503 |
Actions (login required)
View Item |