PERBANDINGAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN BAHASA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MASA PANDEMI DI MI SOLBIYAH DAN MI ISLAMIYAH KANOR

Wulansari, Dwi Wahyu Puji (2022) PERBANDINGAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN BAHASA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MASA PANDEMI DI MI SOLBIYAH DAN MI ISLAMIYAH KANOR. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (877kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana model-model pembelajaran bahasa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi di MI Sholbiyah dan MI Islamiyah Kanor juga untuk mengetahui persamaan dan perbedaan model-model pembelajaranya. Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian kualitatif komparatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sumber data penelitian ini adalah kepala kepala sekolah, guru kelas V MI Sholbiyah dan MI Islamiyah Kanor. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan tringulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian dan pengamatan tentang Perbandingan Model-Model Pembelajaran Bahasa dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi di MI Sholbiyah dan MI Islamiyah Kanor bahwa memang terdapat perbedaan model-model pembelajaran bahasa yang diterapkan di kelas V MI Sholbiyah dan MI Islamiyah, model pembelajaran penggalan (fragmented) dipilih untuk digunakan mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V MI Sholbiyah dan model pembelajaran sarang (nested) di kelas V MI Islamiyah. Persamaan kedua model-model pembelajaran bahasa tersebut salah satunya sama-sama model pembelajaran terpadu yang secara sengaja mengaitkan tentang beberapa aspek, antara pada intra mata pelajaran ataupun antar mata pelajaran. Pembelajaran tersebut dirasa mampu memberi semangat dalam proses pembelajaran bahasa selama masa pandemi daripada menggunakan model pembelajaran sebelumnya model pembelajaran penggalan (fragmented) dan sarang (nested) sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model-model Pembelajaran Bahasa, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Pembelajaran Masa Pandemi
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 20 Sep 2023 00:51
Last Modified: 20 Sep 2023 00:51
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/501

Actions (login required)

View Item View Item