ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DARING DAN LURING PADA GURU MI RAUDLATUS SHIBYAN SARANG REMBANG DI MASA PANDEMI

Khusna, Amirul (2021) ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DARING DAN LURING PADA GURU MI RAUDLATUS SHIBYAN SARANG REMBANG DI MASA PANDEMI. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Proses pembelajaran daring dan luring pada guru MI Raudlatus Shibyan Sarang Rembang di masa pandemi serta faktor yang mendukung dan faktor yang menghambat proses pembelajaran daring dan luring pada guru MI Raudlatus Shibyan Sarang Rembang di masa pandemi. Jenis penelitan ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian kualitatif deskriptif serta menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek utama dalam penelitian ini adalah semua guru kelas MI Raudlatus Shibyan Sarang. Sedangkan objeknya adalah proses pembelajaran daring dan luring di masa pandemi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran daring dan luring pada guru berjalan dengan baik sesuai dengan keputusan pemberintah melalui surat edaran kemendikbud nomor 4 tahun 2020. Proses pembelajaran yang berlangsung selama pandemi berjalan secara beriringan dengan lancar dan baik. Guru dapat melaksanakan proses pembelajaran dan mengelola kelas sesuai dengan RPP yang telah disusun. Faktor pendukung pembelajaran daring yaitu dikeluarkannya surat edaran kemendikbud nomor 4 tahun 2020 serta orang tua yang mampu diajak kerjasama. Sedangkan, faktor penghambatnya yaitu keterbatasan kuota, kepemilikan android, peserta didik kesulitan memahami materi, penyampaian materi lebih maksimal dan hasil pembelajaran juga maksimal. Faktor pendukung pembelajaran luring yaitu, dorongan dari orang tua, peserta didik memahami materi lebih maksimal dan hasil pembelajaran lebih memuaskan. Sedangkan, faktor penghambatnya yaitu, belum mendapatkan izin resmi dari pemerintah serta waktu pembelajaran sangat singkat.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Proses pembelajaran, Pembelajaran daring dan luring, Guru.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 20 Sep 2023 00:51
Last Modified: 20 Sep 2023 00:51
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/498

Actions (login required)

View Item View Item