Faridah, Nur Aini (2022) LIVING VALUES EDUCATION PROGRAM (STUDI ANALISIS PEMBENTUKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SD IT AVICENNA LASEM) SKRIPS. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
SAMPUL DLL.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (555kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (625kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (672kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (534kB) |
Abstract
Living Values Education Program (LVEP) adalah program pendidikan nilai-nilai kehidupan. Program ini merupakan program pendidikan yang menawarkan pelatihan bagi para guru, fasilitator, orang tua dan pendamping anak untuk membantu mereka menyediakan kesempatan bagi anak-anak dan orang muda untuk menggali serta mengembangkan nilai-nilai universal. Sehingga dalam program LVE siswa dapat menanggapi aktivitas-aktivitas nilai yang diberikan dan terbiasa mendiskusikan serta mengaplikasikan nilai-nilai dalam aktivitas sehari�hari. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana penerapan Living Values Education Program dalam pembentukan karakter siswa kelas V SD IT Avicenna Lasem. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang penerapan Living Values Education dalam pembentukan karakter siswa kelas V SD IT Avicenna Lasem. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD IT Avicenna Lasem. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabsahan data menggunakan cara triangulasi. Analisis data dilakukan dengan cara mencatat data, penyajian dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tematik di kelas V terlaksana dengan terbentuknya 12 nilai-nilai kehidupan yaitu: kedamaian, penghargaan, cinta, kejujuran, toleransi, rendah hati, kerjasama, kebahagiaan, tanggungjawab, kesederhanaan, kebebasan, dan persatuan. Penerapan Living Values Education Program tersebut dikaitkan dengan materi tema yang disampaikan kepada siswa. Faktor pendukung dalam penerapan Living Values Education Program adalah guru yang dapat menginternalisasikan nilai-nilai kehidupan pada siswa, melalui perilaku baik guru di sekolah. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan Living Values Education Program yaitu kurangnya peran orang tua dalam pengawasan dan mendukung pembentukan karakter siswa
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Living Values Education, Karakter, Pembelajaran Tematik |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Perkembangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 00:50 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 00:50 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/496 |
Actions (login required)
View Item |