Muti‟ah, Ririn Roedatul (2022) PENGARUH KOMUNIKASI INTERAKTIF ANTARA GURU KELAS DAN SISWA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER KOMUNIKATIF PADA SISWA KELAS V SD ISLAM AN-NAWAWIYYAH REMBANG. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
SAMPUL DLL.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (599kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (771kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (787kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (922kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (606kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (583kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang terjadi pada saat berlangsungnya pembelajaran tematik di kelas V, yaitu kurangnya komunikasi interaktif antara guru dengan siswa yang menjadikan hasil kurang maksimal dalam pelaksanaan pembelajaran. Sehingga menimbulkan rasa kurang percaya diri pada peserta didik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi interaktif antara guru kelas dan siswa terhadap pembentukan karakter komunikatif pada siswa kelas V SD Islam An-Nawawiyyah Rembang.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa di SD Islam An-Nawawiyyah Rembang yang berjumlah 406 siswa dan untuk sampel diambil 47 siswa yang duduk di kelas V. Teknik pengambilan sampel secara probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan dua uji yaitu uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interaktif tidak ada pengaruh yang signifikan pada pembentukan karakter komunikatif. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yaitu uji regresi linier sederhana, uji-t, dan uji koefisien determinasi. Hasil uji regresi linier sederhana bernilai koefisien a=72.136 dan nilai konstanta b=0.080 artinya, jika komunikasi interaktif dianggap 0, maka variabel pembentukan karakter komunikatif akan tetap bernilai 72.136 dan apabila komunikasi interaktif bertambah satu poin, maka nilai pembentukan karakter komunikatif sebesar 0.080. Hasil uji-t adalah yaitu 0.468 < 1.679 dan nilai sig menghasilkan 0.643 > 0.05 artinya, tidak ada pengaruh yang signifikan antara variabel komunikasi interaktif dengan variabel pembentukan karakter komunikatif. Hasil prosentase yang melalui uji koefisien determinasi sebesar =0.006=0.6% sehingga variabel komunikasi interaktif berkontribusi pada variabel pembentukan karakter komunikatif hanya sebesar 0.6%.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi interaktif, karakter komunikatif, kelas V |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 00:50 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 00:50 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/493 |
Actions (login required)
View Item |