PERAN ORANG TUA PETANI DALAM MEMBENTUK PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA MASA PANDEMI DI MADRASAH IBTIDAIAH AL-HIDAYAH DESA JURANGJERO, KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2020/2021

Zulfa, Roichana (2022) PERAN ORANG TUA PETANI DALAM MEMBENTUK PEMBELAJARAN EFEKTIF PADA MASA PANDEMI DI MADRASAH IBTIDAIAH AL-HIDAYAH DESA JURANGJERO, KABUPATEN REMBANG TAHUN AJARAN 2020/2021. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (797kB)
[img] Text
SAMPUL DLL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (823kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (857kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (780kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pandemi Covid-19 yang sudah mengubah pola pembelajaran di MI Al-Hidayah Desa Jurangjero yaitu siswa dan guru diharuskan untuk melaksanakan pembelajaran dari rumah secara online. Kegiatan pembelajaran dari rumah mengharuskan orang tua untuk berperan ganda sebagai orang tua sekaligus sebagai guru di rumah, akan tetapi tidak orang tua mampu menjalankan perannya secara maksimal hal ini tentu karena adanya hambatan dari beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan peran orang tua petani dalam menghadapi pembelajaran anak pada masa pandemi di MI Al-Hidayah Desa Jurangjero, serta untuk mendeskripsikan strategi orang tua petani membentuk pembelajaran efektif pada masa pandemi di MI Al-Hidayah Desa Jurangjero, Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan teknik non-random sampling jenis purposive sampling dengan sampel penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al�Hidayah dengan jumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua petani dalam pembelajaran pada masa pandemi di MI Al-Hidayah Desa Jurangjero yaitu tidak semua orang tua mampu menjalankan perannya secara maksimal, hal ini tentu karena adanya berbagai faktor. Faktor-faktor yang menyebabkan orang tua tidak dapat menjalankan perannya dengan baik, yaitu: 1) Latar belakang pendidikan orang tua, 2) Pekerjaan orang tua dan waktu yang tersedia, 3) Tingkat ekonomi orang tua. Menyadari akan ketidak maksimalannya dalam menjalankan perannya sebagai orang tua, maka para orang tua petani mengikutkan anaknya les sebagai cara yang paling efektif agar anaknya tetap ada yang membantu dalam belajar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran orang tua Petani, Pembelajaran efektif, Masa pandemi
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 20 Sep 2023 00:50
Last Modified: 20 Sep 2023 00:50
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item View Item