KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB IHYĀ’ ‘ULŪM AD-DĪN KARYA AL-IMĀM AL-GHOZĀLY DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER PADA KURIKULUM 2013

Sari, Sekar Harum (2022) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB IHYĀ’ ‘ULŪM AD-DĪN KARYA AL-IMĀM AL-GHOZĀLY DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER PADA KURIKULUM 2013. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
SAMPUL DLL.pdf

Download (941kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB)

Abstract

Al-Imam Al-Ghozāly adalah salah satu ulama‟ yang memiliki karangan kitab yang banyak, salah satu karangan kitabnya yaitu kitab Ihyā‟ „Ulūm ad-Dīn. Kitab ini berisi tentang ajaran-ajaran tasawuf Al-Imam Al-Ghozālī yang dirancang dengan menggunakan genre penulisan kitab fikih. Kitab ini termasuk salah satu kitab yang penting untuk diteliti karena kitab ini membahas tentang beberapa konsep pendidikan karakter yang ada dalam Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan karakter pendidikan karakter dalam kitab Ihyā‟ „Ulūm ad-Dīn karya Al-Imām Al-Ghozāly dan juga Untuk mengetahui relevansi pendidikan karakter karya Al-Imam Al-Ghozālī kitab Ihyā‟ „Ulūm ad-Dīn karya Al-Imām Al-Ghozāly. Jenis penilitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Tehnik pengumulan data yang digunakan adalah tehnik studi pustaka atau (Library Reseach). Sumber data yang diambil dari sumber primer adalah kitab Ihyā‟ „Ulūm ad-Dīn dan Manajemen Pendikikan Karakter (Konsep dan Implementasinya Di Sekolah dan Madrasah) karya Dakir. Sedangkan sumber skunder diambil dari buku Implementasi Pendidikan Karakter karya Sofyan Mustoip, Muhammad Japar dan Zulela MS, buku Perencanaa Pembelajaran (Sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum (K-13)) karya Mukni‟ah, Achmad Siswanto dan Baihaqi Nur Syahbani Bangun, buku “Quo Vadis” Pendidikan Karakter dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat karya Ni Putu Suwardani dan buku�buku, literature-literatur atau jurnal lain yang berkaitan dengan penelitian yang di ambil. Hasil penilitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan karakter dalam Ihyā‟ „Ulūm ad-Dīn Karya Al-Imām Al-Ghozāly relevan terhadap enam niliai-nilai pendidikan karakter dalam kurikulum 2013. Enam nilai pendidikan karakter tersebut adalah nilai religius, disiplin, kerja keras, cinta damai, tanggung jawab dan jujur.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep pendidikan, Al-Imām Al-Ghozāly, Kitab Ihyā‟ „Ulūm ad-Dīn, Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Kurikulum
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 20 Sep 2023 00:50
Last Modified: 20 Sep 2023 00:50
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/489

Actions (login required)

View Item View Item