ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS V DI MI AN-NASHRIYAH LASEM

Haryani, Siska (2022) ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS V DI MI AN-NASHRIYAH LASEM. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
SAMPUL DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (687kB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha yang mewujudkan pembelajaran aktif kepada siswa melalui kebiasaan tingkah laku, pikiran, dan sikapnya untuk menghasilkan perubahan manusia yang berkarakter. Pendidikan salah satu komponen dari pembentukan karakter yang dapat membangun nilai-nilai karakter seorang siswa, pendidikan karakter ini akan memberikan manfaat yang baik ketika nantinya terjun ke masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran terhadap pembentukan karakter mandiri dan tanggung jawab siswa kelas V MI An�Nashriyah Lasem. Jenis penelitian ini berupa kualitatif dengan desain deskriptif. Sumber data penelitian ini berasal dari kepala sekolah, guru kelas V dan siswa kelas V A dan B MI An-Nashriyah Lasem. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik terhadap pembentukan karakter mandiri dan tanggung jawab siswa kelas V MI An-Nashriyah Lasem sudah dilakukan dengan baik, diterapkan melalui kegiatan pembelajaran mulai dari tahap pendahuluan, tahap inti dan tahap penutup. Pembentukan karakter mandiri dan tanggung jawab siswa kelas V sudah tumbuh dan berkembang dengan baik. Melalui kegiatan pembelajaran di kelas karakter mandiri siswa terbentuk ketika siswa belajar dengan mandiri tanpa bergantungan dengan orang lain, sedangkan karakter tanggung jawab di bentuk ketika siswa diberikan tugas dan bertanggung jawab dengan penuh mengerjakannya. Pelaksanaan pembelajaran tematik terhadap pembentukan karakter ini dapat memberikan manfaat yang baik, yang mana siswa menjadi terbiasa dengan karakter yang baik terutama karakter mandiri dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran Tematik, Karakter Mandiri, Karakter Tanggung Jawab
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Psikologi Perkembangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 20 Sep 2023 00:49
Last Modified: 20 Sep 2023 00:49
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/486

Actions (login required)

View Item View Item