ANALISIS METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER BERSAHABAT/ KOMUNIKATIF PADA SISWA KELAS III MI ISLAMIYAH BANIN JATISARI SENORI TUBAN

Agustina, Siti Yulia (2022) ANALISIS METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER BERSAHABAT/ KOMUNIKATIF PADA SISWA KELAS III MI ISLAMIYAH BANIN JATISARI SENORI TUBAN. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
SAMPUL DLL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (701kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (586kB)

Abstract

Pendidikan karakter di sekolah saat ini kurang diperhatikan, salah satu karakter yang perlu mendapatkan perhatian adalah karakter bersahabat/komunikatif. Salah satu penyebab berkurangnya karakter bersahabat/komunikatif siswa adalah kurang efektifnya metode pembelajaran yang diterapkan guru dalam pembelajaran yang menyebabkan siswa kurang komunikatif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, MI Islamiyah Banin menerapkan Metode Kooperatif model jigsaw untuk mengatasi problem tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak terhadap pembentukan karakter bersahabat/komunikatif pada siswa kelas III MI Islamiyah Banin Jatisari Senori Tuban. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III dan guru Akidah Akhlak MI Islamiyah Banin Jatisari Senori Tuban. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, 1) metode kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran Akidah Akhlak, siswa sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran, siswa juga dapat berdiskusi kelompok, mau bekerjasama dalam memecahkan permasalahan dalam kelompok. 2) metode kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran Akidah Akhlak siswa dapat bekerjasama dengan siswa lain, menguasai pelajaran, dan dapat membentuk karakter bersahabat/komunikatif siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: : Metode kooperatif model jigsaw, karakter bersahabat, karakter komunikatif
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 20 Sep 2023 00:49
Last Modified: 20 Sep 2023 00:49
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/480

Actions (login required)

View Item View Item