Shodiq, Ahmad (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB BIDĀYAT AL-HIDĀYAH KARYA IMAM AL-GHAZALI SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (688kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (931kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (662kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mencegah kemerosotan akhlak seorang pada era sekarang, peneliti menganalisis nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Bidāyat al-Hidāyah dan pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013. Tujuan peneliti untuk mengetahui nilai-nilai akhlak yang di dalam kitab Bidāyat al-Hidāyah dan mengetahui relevansinya dengan pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013. Jenis penelitian adalah kepustakaan (library research) serta desain deskriptif. Sumber data primer adalah kitab Bidāyat al-Hidāyah karya Imam al-Ghazali dan buku Pendidikan Karakter Panduan Memahami Kurikulum 2013 menurut Kemendiknas. Sumber data sekunder adalah buku terjemah Bidāyat al-Hidāyah berjudul Tuntunan Menggapai Hidayah Ilahi diterjemahkan oleh M. Fadli Sa‟d an-Nadwi dan terjemah lain, buku Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 karya H.E. Mulyasa, dan lain-lain. Hasil penelitian kitab Bidāyat al-Hidāyah karya Imam al-Ghazali memuat beberapa nilai akhlak yaitu 1) akhlak terhadap Tuhan, 2) akhlak seorang „ālim atau guru, 3) akhlak seorang murid, 4) akhlak seorang anak dengan orang tua, 5) akhlak dengan seseorang di dalam majelis, 6) akhlak dengan sahabat karib, dan 7) akhlak dengan seseorang yang baru dikenali. ketujuh nilai akhlak dalam kitab Bidāyat al-Hidāyah tersebut relevan terhadap sepuluh pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013 yaitu 1) religius, 2) rasa ingin tahu, 3) mandiri, 4) menghargai prestasi, 5) peduli sosial, 6) toleransi, 7) disiplin, 8) tanggung jawab, 9) bersahabat atau komunikatif, 10) kerja keras. Pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013 sendiri memuat delapan belas nilai karakter adapun delapan nilai karakter yang belum disebut yaitu 1) jujur, 2) kreatif, 3) demokratis, 4) semangat kebangsaan, 5) cinta tanah air, 6) cinta damai, 7) gemar membaca, 8) peduli lingkungan.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Kitab Bidāyat al-Hidāyah, Kurikulum 2013. |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Filsafat Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 00:48 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 00:48 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/467 |
Actions (login required)
View Item |