PERSEPSI GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA ASING DI MIN SE-KABUPATEN REMBANG

Fariza, Alan (2022) PERSEPSI GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA ASING DI MIN SE-KABUPATEN REMBANG. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-anwar.

[img] Text
Abstrak Skripsi Alan Fariza.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (842kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
SAMPUL DLL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (582kB)

Abstract

Fariza, Alan. 2022. Persepsi Guru Pada Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing di MIN Se-Kabupaten Rembang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Anwar Sarang. Pembimbing Herman Khunaivi, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan persepsi guru yang yang berbeda-beda terkait pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa Asing dengan alasan karena pembelajaran bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah baru tahap pengenalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru pada pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa Asing di MIN se-kabupaten Rembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian adalah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 di Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 di Kecamatan Sale Kabupaten Rembang. Sumber data adalah siswa kelas 5. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Intrumen penelitian adalah lembar obsevasi, lembar wawancara, dan dokumen berupa RPP dan Silabus. Teknik analisis menggunakan model Miles and Hubberman. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama, di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Rembang persepsi guru pada pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing bahwasanya guru mengalami kendala dalam proses pembelajaran karena bahasa Inggris masuk pada pembelajaran mulok yang mempunyai waktu terbatas sehingga guru belum bisa maksimal dalam mengajar seperti belum bisa menjelaskan materi secara detail dan belum bisa memanfaatkan media dalam proses pembelajaran karena mempunyai waktu yang terbatas. Kedua, di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Rembang persepsi guru pada pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing bahwasanya guru sudah menyampaikan materi pembelajaran dengan maksimal namun tingkat pemahaman siswa masih kurang sehingga guru perlu kerja lebih ekstra dikarenakan siswa mengalami kesulitan dalam melafalkan kosa kata bahasa Inggris dengan baik dan benar. Kata kunci: Persepsi Guru, Pelaksanaan Pembelajaran, Bahasa Asing.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sudrajat, Didi, Studi Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris, CENDEKIA, Vol 9. No 1, April 2015. Suyono dan Hariyanto, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Rosdakarya 2014. Sugandi, Achmad, Teori Pembejaran, Semarang Press, Semarang: 2006. Sumiati dan Asra, Metode Pembelajaran, CV Wacana Prima, Bandung: 2009. Sitoyo, Sandu, Ali Sodik, Dasar Metodologi Penelitian Yogyakarta: Literasi Media Publishing, Juni 2015. Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfa Beta 2018. Supranto M, A, J, Statistik Teori dan Aplikasi, Jakarta: Erlangga,2000. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2006. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018. Suwandi, Basrowi, Memahami Penelitian Kualitatif , Jakarta: Rineka Cipta, 2008. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2017. Sukyadi, D. Penilaian Hasil Belajar Mengajar Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini. Journal of Education, 40(9), 287. https://doi.org/10.1017/CBO9781107 415324.004, 2019. Walgito, Bimo, Pengantar Psikologi Umum, CV. Andi, Yogyakarta: 2010. Yusuf Sya‟bani, Mohammad Ahyan, Profesi Keguruan: Menjadi Guru yang Relegius dan Bermartabat, Gresik: Caramedia Communication, 2018. Zainal Arifin, Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2012.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Unnamed user with email admin@repositori.staialanwar.ac.id
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:10
Last Modified: 15 Sep 2023 03:10
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/462

Actions (login required)

View Item View Item