Agustian, Shopi (2022) PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN PENGELOLAAN KELAS GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDI AN-NAWAWIYYAH REMBANG TAHUN AJARAN 2022/2023. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (392kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (657kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (382kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar dalam membentuk karakter tanggung jawab pada pembelajaran matematika kelas IV SDI An-Nawawiyyah Rembang tahun ajaran 2022/2023 (2) Untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas guru dalam membentuk karakter tanggung jawab pada pembelajaran matematika kelas IV SDI An�Nawawiyyah Rembang tahun ajaran 2022/2023 dan (3) Untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar dan pengelolaan kelas guru dalam membentuk karakter tanggung jawab pada pembelajaran matematika kelas IV SDI An�Nawawiyyah Rembang Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDI An-Nawawiyyah Rembang yang berjumlah 399 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Simple Random Sampling dengan sampel penelitian kelas IV SDI An-Nawawiyyah Rembang yang berjumlah 59 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji yaitu uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh antara gaya mengajar terhadap karakter tanggung jawab ditunjukkan thitung > ttabel yaitu 0,922 < 2,003 dan nilai signifikansi 0,361 > 0,05; (2) tidak terdapat pengaruh antara pengelolaan kelas terhadap karakter tanggung jawab ditunjukkan thitung > ttabel yaitu 1,602 < 2,003 dan nilai signifikansi 0,115 > 0,05 dan (3) tidak terdapat pengaruh antara gaya mengajar dan pengelolaan kelas terhadap karakter tanggung jawab Fhitung > Ftabel yaitu 2,110 < 3,16 dan nilai signifikansi 0,131 > 0,05. Besarnya sumbangan efektif variabel independen terhadap variabel dependen secara simultan adalah 5,5% dan 94,5% berasal dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gaya mengajar, pengelolaan kelas, karakter tanggung jawab |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Ms perpus staiwar |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 00:48 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 00:48 |
URI: | http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/456 |
Actions (login required)
View Item |