ANALISIS GAYA MENGAJAR GURU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II SD ISLAM AN-NAWAWIYYAH REMBANG

Choirita, Sholikhatin (2022) ANALISIS GAYA MENGAJAR GURU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II SD ISLAM AN-NAWAWIYYAH REMBANG. skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (578kB)

Abstract

Gaya mengajar guru dalam pembelajaran relatif beragam. Penggunaan gaya mengajar yang monoton dapat menimbulkan kebosanan/kejenuhan dan menurunkan minat siswa dalam pembelajaran. Sementara gaya mengajar guru yang bervariasi dapat menarik perhatian dan minat siswa dalam pembelajaran tematik sehingga penting untuk dideskripsikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya mengajar guru kelas II pada pembelajaran tematik di SD Islam An-Nawawiyyah Rembang. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan desain deskriptif wujud data penelitian ini yaitu gaya mengajar guru kelas II. Sumber data penelitian berasal dari guru kelas II dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa guru kelas II menggunakan gaya mengajar yang beragam meliputi gaya mengajar klasik, personalisasi, teknologis dan interaksional. Siswa juga dengan mudah memahami materi yang disampaikan dengan gaya mengajar tersebut. Dalam satu pembelajaran guru menggunakan beragam gaya mengajar seperti gaya mengajar klasik dipadukan dengan gaya mengajar interaksional. Gaya mengajar guru disesuaikan dengan materi pembelajaran. Proses pembelajaran berjalan dengan baik dengan guru yang aktif dalam pembelajaran. Peran guru dalam pembelajaran sebagai fasilitator, pemandu, pengarah dan sebagai sumber pengetahuan untuk siswa. Peran siswa dalam pembelajaran sebagai pendengar dan penerima materi. Gaya mengajar yang dominan digunakan guru yaitu gaya mengajar teknologis dan interaksional. Sesekali guru menggunakan gaya mengajar personalisasi dan klasik.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya Mengajar, Pembelajaran Tematik
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah > Manajemen Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Ms perpus staiwar
Date Deposited: 20 Sep 2023 00:48
Last Modified: 20 Sep 2023 00:48
URI: http://repositori.staialanwar.ac.id/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item View Item